Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19

Pandemi merajalela

Virus Covid-19 atau biasa disebut dengan virus corona merupakan virus yang saat ini sedang membuat gempar hampir di seluruh penjuru dunia, termasuk Negara Republik Indonesia. Hal ini karena virus corona sangat mudah menularnya lewat udara. Tercatat bahwa virus ini muncul pertama kali di Kota Wuhan yang berada di negara Republik China sejak bulan Desember tahun 2019 dan mulai menyebar ke Indonesia pada bulan Maret 2020.

Penyebaran virus yang sangat cepat dan sulit dideteksi keberadaannya menjadikan penularan sukar dan sulit untuk dihindari. Jumlah angka korban yang terpapar virus corona terus meningkat. Bahkan tak sedikit orang yang meninggal dunia akibat terpapar virus.

Penutupan Sekolah

Hal tersebut menjadikan pemerintah bersiketat untuk membatasi segala kegiatan masyarakat di luar rumah dengan menerapkan social distancing sebagai upaya pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran virus corona.Dengan adanya pemberlakuan social distancing ini, pemerintah secara mendadak menutup sekolah, tempat wisata, dan tempat-tempat lainnya yang dapat menjadikan orang-orang berkumpul.

Ditutupnya sekolah bukan berarti para siswa libur dan terbebas dari tugas, mereka tetap diberi tugas oleh para guru mata pelajaran. Karena hanya mengalihkan pembelajaran dari sekolah menjadi belajar di rumah masing-masing atau sering disebut dengan sekolah daring (dalam jaringan).

Pentingnya Peran Orangtua

Peran orang tua terutama ibu sangat berpengaruh besar terhadap keseriusan anak untuk dapat belajar di rumah. Selain orang tua mendampingi anaknya belajar, mereka juga harus bersedia meluangkan waktunya untuk membantu dan mendampingi anaknya ketika membutuhkan bantuan untuk mengerjakan tugas maupun belajar. Terlebih untuk anak yang masih sekolah di bangku Sekolah Dasar (SD) atau bahkan masih TK. Mereka harus ketat mengontrol dan mengarahkannya dengan baik. Sebab masih sangat membutuhkan perhatian yang lebih agar tidak terlalu banyak bermain dan meninggalkan apa yang menjadi kewajiban mereka.
Peristiwa pandemi Covid-19 yang terjadi hampir di seluruh penjuru dunia ini, menunjukkan betapa pentingnya peran orang tua untuk mengasuh, merawat dan mendidik anak. Dalam peristiwa ini dapat diambil hikmah dan mengembalikan fungsi awal orang tua terutama ibu sebagai pendidikan pertama untuk anaknya.
Secara lebih spesifik, peran orang tua terhadap anak selama masa pandemi covid-19 akan dipaparkan di bawah ini.

Sebagai orang tua di rumah, sementara waktu mereka yang menggantikan peran guru dalam mendampingi anak belajar dan mengerjakan tugas di rumah.

Dalam hal ini, sebisa mungkin orang tua menciptakan lingkungan keluarga yang aman dan harmonis. Mencari cara bagaimana agar anak merasa nyaman dan tidak mudah bosan untuk belajar di rumah, seperti mengajak bermain bersama, mengobrol, melakukan hal yang disenangi anak, serta mengajak dan mengarahkan anak untuk mengerjakan pekerjaan rumah sesuai kemampuannya. Tentu saja, seyogyanya orang tua menjadi orang yang paling tahu dan mengenal anak, bagaimana anak belajar dan kapan waktu anak harus belajar.

Kegiatan belajar dari rumah yang dilakukan anak-anak selama pandemi berlangsung, tidak dapat dipungkiri banyak anak yang merasa jenuh dan menurunnya semangat belajar. Dalam hal ini, peran orang tua adalah membimbing dan memberikan motivasi kepada anak, supaya anak tetap semangat dalam melakukan kegiatan di rumah.

Sekolah daring tentunya membawa hal positif maupun negatif bagi para siswa yang sedang senang-senangnya bermain gadget. Terutama bagi anak yang sudah mengenal game online atau biasa disebut dengan mobile lagend. Untuk mengatasi dampak negatifnya, sebagai orang tua harus paham jadwal kegiatan sekolah anaknya dan mengontrol waktu dalam penggunaan gadget. Sebagai orang tua, tentunya mempunyai hak untuk membatasi dan mengawasi anaknya dalam menggunakan gadget. Terlebih bagi anak yang usianya masih sangat muda, karena dapat membawa dampak yang sangat tidak baik bagi perkembangan otak anak. Jangan sampai anak kecanduan dan menghabiskan waktunya untuk bermain gadget tanpa belajar dan mengerjakan tugas sekolah.

Setiap orang tua pasti menginginkan anak dan keluarganya selalu dalam keadaan sehat, apalagi dengan kondisi pada masa pandemi covid-19 saat ini. Tentu saja menjadikan orang tua semakin khawatir akan hal itu. Oleh karenanya, salah satu yang dapat dilakukan orang tua adalah mengingatkan dan memastikan anaknya untuk selalu menerapkan pola hidup sehat dan bersih agar terhindar dari berbagai virus dan penyakit. Selain itu, sebagai orang tua harus mengajarkan anak untuk mengikuti protokol kesehatan, seperti menggunakan masker jika terpaksa keluar rumah, sering mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer, dan sebagainya.

Itulah peran orang tua yang sangat penting dan harus dilakukan untuk mendukung serta terwujudnya semangat belajar anak, meski harus belajar di rumah tanpa bertemu langsung dengan guru dan teman-temannya di sekolah. Untuk orang tua yang terpaksa belum bisa secara langsung mendampingi anaknya belajar, seyogyanya tetap memberi pendamping untuk menggantikannya, agar anak tetap terjaga dengan aman dan nyaman tanpa ada rasa tertekan atupun terlalu bebas dalam hidupnya.

Penulis,
Umu Tri Mulyani
Mahasiswa UIN Walisongo Semarang, Fakultas Ushuluddin dan Humaniora
Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir

Berita Terkait

Berita Terkini