Selasa, 18 Mei 2021

Perceraian si Kaya Raya Bill Gates dan Renungan Kemanusiaan, Harta, Pernikahan

Bill Gates. sumber foto: twitter Bill Gates

Melalui twitternya, Bill Gates (65) pengusaha pendiri pernagkat lunak Microsoft itu mengumumkan informasi pribadi kehidupan rumah tangganya, Selasa (4/5/2021) Subuh WIB. Dia mengabarkan perceraiannya dengan sang istri Melinda Gates (56).

Pasangan kaya raya itu mengakhiri pernikahan yang sudah berusia 27 tahun. Tentu saja berita ini menggemparkan. Sebab, Bill Gates dikenal sebagai salah satu orang terkaya di dunia. Kekayaannya pada 2020 lalu mencapai Rp 1.857 triliun  Belakangan dia juga peduli atas isu kemanusiaan dan lingkungan.

Lalu apa yang bisa dipetik dari cerita mengejutkan dari Bill Gates ini? Pertama, perceraiannya tidak membuat keduanya saling diam, saling bermusuhan. Sebab, Gates mengungkapkan bahwa dia masih bekerja sama dengan Melinda di yayasan yang telah dibangunnya.

Keduanya masih akan intens berkolaborasi di yayasan untuk kepentingan kesehatan dan produktivitas masyarakat dunia. Jadi, sekalipun hubungan suami istri telah usai, tapi hubungan kemanusiaan keduanya masih berjalan.

Apa kesimpulannya? Ya benar, kalau dalam konsepsi masyarakat kita disebut silaturahmi. Mereka tidak memutus tali silaturahmi. Setidaknya itulah pesan yang disampaikan Bill Gates, lelaki yang dropout dari Harvard ini.

Kedua, cerita si kaya raya asal Washington Amerika Serikat yang bercerai ini juga bisa jadi perenungan. Bayangkan saja, Gates adalah orang kaya, pandai, dan peduli kemanusiaan. Akhirnya gagal juga pernikahannya.

Jika ada yang bilang bahwa penopang mutlak kehidupan suami istri adalah banyaknya harta, maka kasus Bill Gates bisa jadi pelawannya. Jika ada yang bilang, ‘kami tak kaya maka kami bercerai’, maka pernyataan itu bisa disanggah dengan kasus Bill Gates.

Cerita hidup Bill Gates ini bisa jadi salah satu cermin bagi kita. Bahwa hidup ya seperti itu. Ketika orang dimaknai sebagai orang kaya, berpendidikan, berpengaruh, berwibawa, di situ tetap saja muncul celah yang bisa jadi masalah. Penegasan saja, bahwa cerita Bill Gates menceritakan harta yang luar biasa tak bisa menjadi penjamin langgengnya pernikahan.

Terkaya di Dunia

Bill Gates memang fenomenal. Karena Microsoft, maka dia mampu menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Bahkan, sejak 1987, Gates masuk dalam daftar orang terkaya di dunia versi Forbes. Ingat ya, di tahun 1987, usia Gates baru kisaran 32 tahun.

Kekayaannya terus berlipat-lipat setelah itu. Bahkan, dari tahun 1995 sampai 2017, Gates sangat sering menjadi orang terkaya di dunia. Artinya, tiap tahunnya di rentang tahun 1995 sampai 2017 dia sering dinobatkan sebagai manusia terkaya di dunia.

Gates tak menjadi terkaya di dunia pada 2010 sampai 2013. Kemudian pada Oktober 2017, kekayaan Gates mulai disalip oleh Jeff Bezos, sang pendiri Amazon. Tahun ini, Bezos masih menjadi nomor satu orang terkaya di dunia. Sementara, Gates ada di posisi empat. Gates masih unggul dari Mark Zuckerberg yang punya Facebook itu.

Setelah lama menjadi orang terkaya di dunia, Gates pun kemudian memilih jalan sebagai penderma. Dia juga peduli dengan isu global tentang kesehatan termasuk tentang pandemi Covid-19.

Berita Terkait

- Advertisement -

Berita Terkini