Selasa, 18 Mei 2021

Purwokerto Itu Bukan Kota, Bukan Kabupaten, Lalu?

Purwokerto adalah wilayah yang unik. Keberadaannya diakui, namun dalam strata pemerintahan wilayah ini tidak memiliki pemimpin. Unik memang.

Purwokerto dikenal sebagai tempat pusat pemerintahan Kabupaten Banyumas. Ada juga yang menyebut Purwokerto adalah ibu kota kabupaten. Ada juga yang menyebut, Purwokerto adalah wilayah yang memiliki empat kecamatan yakni Purwokerto Utara, Purwokerto Selatan, Purwokerto Barat, dan Purwokerto Timur.

Lalu, jika ada yang beranggapan Purwokerto adalah nama kabupaten, maka itu salah. Sebab, Purwokerto hanya bagian dari Kabupaten Banyumas. Jika ada yang mengatakan Purwokerto adalah kota, maka juga tidak tepat. Sebab, Purwokerto tak memiliki wali kota.

Dulu status Purwokerto adalah kota administratif dengan pemimpin bernama wali kota yang ditunjuk oleh bupati. Tapi itu dulu. Sekarang status kota administratif tidak ada lagi. Kalau bukan kota dan bukan kabupaten, lalu Purwokerto itu apa?

Apakah Purwokerto adalah kecamatan? Setahu saya bukan. Sebab, yang bernama kecamatan ada embel-embelnya, yakni Kecamatan Purwokerto Utara, Kecamatan Purwokerto Selatan, Kecamatan Purwokerto Timur, dan Kecamatan Purwokerto Barat. Nah, kalau Purwokerto tanpa embel-embel itu tentu bukan nama kecamatan.

Karena itu, Purwokerto tak memiliki pemimpin atau kepala pemerintahan atau kepala wilayah administratif. Lho, kan ada Bupati Banyumas? Bupati Banyumas adalah pemimpin Kabupaten Banyumas bukan spesifik pemimpin wilayah Purwokerto.

Lalu apa sebutannya karena bukan kabupaten, bukan  kota, bukan kota administratif, bukan kecamatan? Ya mungkin hanya bisa dijelaskan bahwa Purwokerto adalah ibu kota Kabupaten Banyumas, Purwokerto tempat pusat pemerintahan Kabupaten Banyumas, Purwokerto adalah wilayah yang memiliki empat kecamatan yakni Purwokerto Utara, Purwokerto Selatan, Purwokerto Barat, Purwokerto Timur.

Lalu, adakah tempat lain di Indonesia yang memiliki status seperti Purwokerto? Entahlah, mungkin ada, tapi lebih mungkin tidak ada.

Sebenarnya dengan sebutan selama ini yang sudah mengakar, memang sepantasnya Purwokerto menjadi kota sendiri yang lepas dari Kabupaten Banyumas. Sebab, selama ini orang akrab dengan frasa “Kota Purwokerto”.

Jika Purwokerto lepas dari Kabupaten Banyumas dan menjadi kota sendiri, maka status Purwokerto akan lebih jelas. Jika orang bertanya apa itu Purwokerto? Maka bisa dijawab, Purwokerto adalah kota yang dipimpin oleh wali kota dan memiliki beberapa kecamatan.

Wacana soal adanya Kota Purwokerto yang lepas dari Kabupaten Banyumas pun sudah muncul lama. Namun, memang belum terealisasikan. Mungkin menunggu dan menyiapkan Purwokerto siap dan daerah lain tidak kaget.

Sebab, dikhawatirkannya jika ada pemekaran atau pemisahan Purwokerto dari Kabupaten Banyumas, akan muncul ketimpangan perekonomian antara Kota Purwokerto dengan Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Banyumas Barat. Sebab, selama ini perekonomian Kabupaten Banyumas banyak berdenyut di wilayah Purwokerto.

Oiya, usulan terakhir yang muncul adalah membagi Banyumas jadi tiga wilayah yakni Kabupaten Banyumas, Kabupaten Banyumas Barat, dan Kota Purwokerto.

Berita Terkait

- Advertisement -

Berita Terkini