Rabu, 22 Maret 2023

Naik Pohon dan Meresahkan, Damkar Banyumas Evakuasi ODGJ di Tambak

Odgj
Petugas Damkar Banyumas tengah memberikan makanan kepada ODGJ yang sempat memanjat pohon beringin di Kecamatan Tambak, Senin (13/2/2023). (Dok Damkar Banyumas)

Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Banyumas bersama Satpol PP, Polsek Tambak, Koramil Tambak dan perangkat desa setempat, mengevakuasi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang menaiki pohon beringin di dekat Kantor Kecamatan Tambak, Kabupaten Banyumas, Senin (13/2/2023). Selain menaiki pohon, ODGJ tersebut juga dikabarkan sering mengamuk dan merusak fasilitas umum.


Purwokerto, serayunews.com

Kepala UPT Damkar dan Penyelamatan Satpol PP Kabupaten Banyumas, Andaru Budilaksono menjelaskan, pihaknya mendapati laporan dari masyarakat jika sekitar pukul 08.00 WIB, ada ODGJ yang menaiki pohon beringin di Kecamatan Tambak.

“Dari informasi tersebut, regu tiga Pos Kemranjen langsung menuju lokasi kejadian,” kata dia.

Saat petugas datang dan berhasil dibujuk, ODGJ tersebut kemudian mau turun serta diajak mengobrol hingga diberikan makanan. Setelah itu, mereka kemudian mengevakuasi ODGJ tersebut kepada pihak Pemdesa Purwodadi, Kecamatan Tambak untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Baca juga: Kejadian di Purbalingga, Panik Sepedanya Hilang, Ternyata Dibawa Orang Gila

“ODGJ tersebut atas nama Tugiyo, warga Desa Purwodadi, Kecamatan Tambak,” ujarnya dia.

Andaru menambahkan, pihaknya telah mendapati laporan jika selama dua hari Tugiyo kerap kali mondar-mandir di Kecamatan tambak.

“Sebelumnya sempat di sekitar Koramil, kemudian pindah, informasinya sering ngobrak-abrik fasilitas di daerah Kecamatan Tambak,” katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini