Sabtu, 3 Desember 2022

Nekat Pentas Kuda Lumping di Masa Pandemi, Akhirnya Dibubarkan Paksa Petugas

Petugas saat membubarkan pementasan kuda lumping.

Pentas Kuda Lumping yang digelar di wilayah Desa Sanguwatang, Kecamatan Karangjambu, Kabupaten Purbalingga terpaksa dibubarkan petugas. Pasalnya, kegiatan tersebut sangat berpotensi menjadi penyebaran virus Covid-19. Terlebih di Kabupaten Purbalingga angka kasus Covid-19 masih tinggi.


Purbalingga, Serayunews.com

Anggota Koramil 09/Karangreja Kodim 0702/Purbalingga, Sertu Ujiatno mengatakan, pihaknya bersama anggota Polsek sebagai Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 tingkat Kecamatan Karangjambu mendatangi lokasi pentas kuda lumping di Desa Sanguwatang. Hal itu dilakukan setelah mendapatkan informasi dari sosial media, Sabtu (19/12/2020).

“Di masa pandemi Covid-19 hal ini tentunya melanggar protokol kesehatan karena sudah barang tentu akan menimbulkan kerumunan karena mengundang kehadiran penonton. Bersama dengan pihak Polsek Karangreja kami segera merapat ke TKP dan ternyata betul adanya informasi tersebut,” katanya.

Sekadar diketahui, Kecamatan Karangjambu memang masuk dalam wilayah Polsek Karangreja Purbalingga. Sehingga, yang melakukan penegakan hukum di wilayah Kecamatan Karangjambu adalah Polsek Karangreja.

Sebagai tim gugus, petugas memberikan imbauan agar tidak melaksanakan kegiatan yang dapat mengundang kerumunan. Di masa pandemi Covid-19 ini memang ada aturan untuk mematuhi protokol kesehatan. Salah satunya menghindari kerumunan agar Covid-19 tidak semakin merajalela penyebarannya.

“Melalui surat Gubernur Jateng kepada Bupati dan Wali Kota di wilayahnya masing-masing bernomor 445/0017480, dimana ada poin yang menyebutkan dilarang menggelar event yang dapat mengundang kerumunan seperti hiburan, perayaan pergantian tahun maupun selebrasi kemenangan dalam Pilkada,” kata Sertu Ujianto.

Sementara itu, Kapolsek Karangreja, Iptu Catur Subagyo mengatakan, awalnya penyelenggara bersih kokoh untuk tetap melanjutkan acara. Namun, setelah dilakukan negosiasi, akhirnya disepakati untuk tidak dilanjutkan.

“Setelah kita berikan arahan pentas kuda lumping akhirnya dihentikan. Penyelenggara bersedia membubarkan pentas kuda lumping,” kata Kapolsek.

Dia menceritakan, bahwa pentas kuda lumping di rumah Kartini alias Gandeng digelar dalam rangka khitanan anaknya. Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19, mengucapkan terima kasih atas peran aktif serta positif dari masyarakat dalam turut memerangi Covid-19. Hal ini sebagai upaya kita bersama untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang masih ada.

Berita Terpopuler

Berita Terkini