Minggu, 27 November 2022

Pantengin, Nanti Sore Undian 16 Besar Liga Champions

Trofi Liga Champions. foto: bigbabybonze dari pixabay

Sebanyak 16 tim sudah lolos ke babak 16 besar Liga Champions musim 2022-2023. Undian tim mana akan melawan mana bakal berlangsung hari ini, Senin (7/11/2022) mulai pukul 18.00 WIB.


Nyon, serayunews.com

Penjelasan tentang waktu undian tersebut seperti pada website resmi otoritas sepak bola Eropa atau UEFA. Tercatat ada 16 tim yang lolos ke babak 16 besar Liga Champions musim 2022-2023.

Sebanyak 16 tim itu terbagi dalam dua kelompok. Delapan tim adalah juara grup dan delapan tim lain adalah runner up grup.

Mereka yang juara grup adalah Napoli, Porto, Bayern Munchen, Man City, Chelsea, Benfica, Real Madrid, dan Tottenham Hotspur. Delapan tim yang runner up grup adalah AC Milan, Inter Milan, PSG, Liverpool, Leipzig, Borussia Dortmund, Eintracht Frankfurt, Club Brugge.

Aturan dalam undian adalah tim juara grup akan melawan tim runner up grup. Namun, ada dua syaratnya. Pertama, tim yang sebelumnya satu grup tidak bisa bertemu di babak 16 besar. Misalnya, Liverpool tidak boleh bertemu dengan Napoli karena keduanya berasal dari grup yang sama.

Kedua, tim yang berasal dari negara yang sama, tidak boleh bertemu di babak 16 besar. Misalnya, jika mengacu pada aturan juara dan runner up grup, maka Liverpool bisa bertemu Chelsea. Namun, karena dua tim itu berasal dari negara yang sama, yakni Inggris, mereka tidak bisa bertemu di babak 16 besar. Syarat negara yang sama ini tidak akan berlaku dalam undian babak peremptfinal.

Tahun Depan

Laga 16 besar Liga Champions 2022-2023 baru berlangsung tahun depan. Leg pertama babak 16 besar pada pertengahan dan akhir Februari 2023. Sementara, leg kedua pada  pada awal dan pertengahan Maret 2023. Setelah babak 16 besar rampung, maka akan berlanjut dengan undian perempatfinal dan undian semifinal.

Di sisi lain, pada hari ini bukan hanya undian Liga Champions. Undian babak playoff Liga Europa dan Liga Konferensi juga berlangsung. Undian dua ajang itu setelah selesainya undian Liga Champions.

Berita Terpopuler

Berita Terkini