Jumat, 9 Desember 2022

Paparan di Kementerian, Wakil Bupati Banyumas Singgung Soal Tol Pejagan – Cilacap yang Hilang dari Daftar Proyek Strategis Nasional

Ilustrasi jalan tol. (dok Badan Pengaturan Jalan Tol)

Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono, mempertanyakan soal hilangnya proyek jalan tol Pejagan – Cilacap. Hilang yang dimaksud Sadewo, tertundanya proyek nasional tersebut dan hingga saat ini belum ada kabar kelanjutannya. Padahal proyek tersebut, bakal mampu menjadikan Kabupaten Banyumas dan Cilacap lebih maju dan cepat untuk diakses.


Banyumas, serayunews.com

Dalam paparan di Kementerian ATR, Sadewo menjelaskan, proyek jalan tol Pejagan – Cilacap pada tahun 2019 sudah masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN). Bahkan pada saat itu, pemerintah pusat sudah menganggarkan untuk melakukan pembebasan lahan pada tahun 2020.

“Karena pandemi, anggaran menjadi refocusing,” kata dia, Senin (21/11/2022).

Namun karena faktor pandemi itu, pada tahun 2021 proyek tol Pejagan – Cilacpa hilang dari daftar PSN. Dia sangat berharap, proyek tersebut bisa diaktifkan kembali sehingga dapat meningkatkan akses yang lebih cepat.

“Kami berharap, jalan tol Pejagan – Cilacap bisa direalisasikan kembali,” ujarnya.

Selain tol Pejagang – Cilacap, Sadewo juga menyinggung terkait jalur Kereta Api Purwokerto – Wonosobo yang diharapkan bisa mempercepat akses dari Kabupaten Banyumas ke Wonosobo. Sehingga, jalur perekonomian maupun wisata bisa lebih meningkat lagi.

“Kami sudah melakukan koordinasi dengan PT KAI, ada rencana reaktivasi jalur kereta Purwokerto – Wonosobo,” kata dia.

Bahkan dalam kesempatan tersebut, Ia juga memaparkan RDTR Kawasan Perkotaan Sokaraja. Jika memang Sokaraja dijadikan kawasan perkotaan, akan sangat mendukung perkembangan perekonomian di Kecamatan Sokaraja.

“Sokaraja menjadi kawasan strategis Kabupaten, sebab ada rencana jalur lingkar selatan – utara. Selain itu, Kecamatan Sokaraja merupakan akses menuju ke bandara,” ujarnya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini