Rabu, 5 Oktober 2022

Pasar Semok Kemiren Asri, Pilihan Referensi Kuliner di Cilacap

Pasar Semok Cilacap (Foto : Ulul Azmi).

Kini telah hadir di Cilacap sebuah pasar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Small Enterprise Medium of Kemiren Asri (Semok) di Kelurahan Tegalkamulyan Kecamatan Cilacap Selatan Kabupaten Cilacap. Pasar Semok dengan konsep tradisional bisa jadi pilihan pusat kuliner di Cilacap.


Cilacap Selatan, serayunews.com

Masa pandemi Covid-19 yang terus menunjukkan tren membaik, di sisi lain semakin membuat geliat perekonomian dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), termasuk di Kabupaten Cilacap.

Sebuah inovasi dari Koperasi Kemiren Asri Kelurahan Tegalkamulyan, Kecamatan Cilacap Selatan berupa kehadiran pasar UMKM Small Enterprise Medium of Kemiren Asri (Semok). Pasar tersebut sudah mulai beroperasi.

Pasar UMKM sebagai program binaan Corporate Social Responsibility (CSR) PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit (RU) IV Cilacap ini diresmikan penggunaannya oleh Pjs GM PT KPI RU IV, Didik Subagyo didampingi Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji, Jumat (21/01/2022).

Didik mengatakan, pasar UMKM Semok menjadi bukti kehadiran perusahaan memberikan dukungan penuh kepada kelompok ibu rumah tangga untuk tetap beradaptasi di masa pandemi.

“Kami mengapresiasi Koperasi Kemiren Asri sebagai pengelola Pasar Semok, sebagai media kreatif untuk menampilkan produk UMKM olahan warga sekitar,” katanya.

Lebih lanjut, Didik berharap kehadiran Pasar Semok menjadi sarana membangkitkan perekonomian masyarakat sekaligus mengenalkan produk-produk lokal dengan jangkauan lebih luas.

“Era digital saat ini juga menjadi pemacu semangat para pelaku UMKM untuk memperluas pasar, tidak hanya lokal, namun nasional bahkan internasional,” ujarnya.

Bupati Tatto Suwarto Pamuji mengungkapkan apa yang dilakukan ibu-ibu anggota Koperasi Kemiren Asri patut menjadi contoh bagi masyarakat yang lain untuk tidak berhenti berinovasi.

“Situasi pandemi, situasi sulit pada sisi lain saya yakin akan memunculkan kreativitas baru. Ini salah satu buktinya, Pasar Semok,” katanya.

Sementara itu, Ketua Koperasi Kemiren Asri Rumdani Prapti Sumiwi (59), menyampaikan pasar Semok buka setiap hari Sabtu dan Minggu pagi, menyajikan kuliner khas warga lokal.

“Ada kuliner olahan jamur, jamu tradisional untuk meningkatkan imun di masa pandemi, dan sayur-mayur yang semuanya merupakan produk koperasi Kemiren Asri,” terangnya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini