Minggu, 28 November 2021

Patut Dicontoh, Komunitas di Pandanarum Bersih Sungai dan Tebar Benih Ikan

Komunitas di wilayah Kecamatan Pandanarum, Kabupaten Banjarnegara sedang melakukan aksi bersih -bersih sungai, Senin (25/10/2021)

Demi menjaga kearifan dan ekosistem sungai, sejumlah komunitas di wilayah Kecamatan Pandanarum, Kabupaten Banjarnegara melakukan aksi bersih kali dan penebaran 15 ribu benih ikan secara liar di Desa Beji Kecamatan Pandanarum, Senin (25/10/2021).


Banjarnegara, serayunews.com

Aksi bersih kali ini dilakukan oleh kominitas mancing Mahesa bersama dengan Destana, RAPI, Karangtaruna, Banser, Kokam, Koramil, Polsek, serta masyarakat umum. Aksi serentak ini tidak lepas dari upaya menjaga kelestarian sungai bersama ekosistemnya.

Muhadi, Ketua Destana Desa Beji yang juga Ketua RAPI Lokal Pandanarum mengatakan, upaya bersih kali ini bagian dari mulai tingginya kesadaran masyarakat akan kebersihan dan ekosistem sungai. Apalagi, Pandanarum khususnya Desa Beji ini termasuk daerah rawan longsor, sehingga keberadaan sungai ini harus dijaga.

“Dengan aliran sungai yang bersih, maka air akan mengalir dengan baik, sehingga tidak terjadi genangan yang bisa menyebabkan longsor,” katanya.

Selain itu, demi menjaga ekosistem sungai, para lintas komunitas ini juga menebarkan sedikitnya 15 ribu benih ikan secara liar di sungai tersebut. Penyeraban ikan ini untuk menambah dan menjaga keseimbangan antara keberadaan air dan ketersediaan ikan tetap bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.

Sementara itu Kepala Desa Beji Peni mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh lintas komunitas ini. Menurutnya hal ini bisa menjadi contoh bagi komunitas lainnya untuk lebih peduli terhadap kelestarian lingkungan sekitar.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat agar ikut aktif menjaga dan mengawasi sehingga kelestarian lingkungan dapat terjaga dan jangan menangkap ikan yang masih kecil, dan memberi kesempatan agar ikan tersebut menjadi besar dan berkembang biak sehingga manfaatnya menjadi jauh lebih besar.

Berita Terkait

Berita Terkini