Sabtu, 2 Juli 2022

Peduli Koperasi, Wabup Sadewo Peroleh Penghargaan Bhakti Koperasi

Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono saat menghadiri silaturahmi bersama koperasi-koperasi di Banyumas. (Foto : Dok Dinnakerkop UKM)

Kementerian Koperasi dan UKM memberikan penghargaan Bhakti Koperasi kepada Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono. Kementerian Koperasi dan UKM menilai Sadewo sosok pemimpin yang memiliki perhatian, komitmen, kepedulian besar terhadap koperasi, terlebih selama pandemi lalu.


Purwokerto, Serayunews.com

Kepala Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinnakerkop UKM) Kabupaten Banyumas, Joko Wiyono memberikan keterangannya. Joko mengatakan, Kementerian Koperasi memberikan penghargaan tersebut tahun lalu dan karena masih dalam situasi pandemi, pemberian penghargaan secara virtual.

Baca juga  Begini Support DPMPTSP Banyumas untuk Kemajuan UMKM

“Selama pandemi kemarin, temen-temen koperasi sangat terdampak dan Pak Wabup memberikan perhatian penuh. Sering memberikan saran, solusi, serta tukar pikiran bersama supaya koperasi ini bisa tetap bertahan. Atas berbagai upayanya tersebut, beliau kemudian mendapat penghargaan dari Kementerian Koperasi,” jelasnya, Kamis (23/6/2022).

Lebih lanjut Joko Wiyono menyampaikan, sosok Wabup Sadewo memang sangat dekat dengan pelaku koperasi di Banyumas. Hal tersebut terlihat dari komitmennya untuk hadir dalam berbagai kegiatan koperasi Banyumas. Sekalipun, katanya, penyampaian undangan hanya secara informal. Selain itu, khusus kepada Dinnakerkop UKM, Sadewo juga selalu menyampaikan pesan, supaya dinas mampu memberikan rasa nyaman dan terus berkoordinasi dengan pelaku koperasi.

Baca juga  Hujan Deras Sejak Siang, Banyumas Dikepung Banjir dan Longsor

Selama pandemi, koperasi berkoordinasi dengan jajaran aparat TNI dan Polri. Wabup juga berpesan agar pihak koperasi selalu menjalin komunikasi yang baik dengan para nasabah.

“Karena support dan dukungan tersebut, selama pandemi kemarin koperasi di Banyumas tetap bisa berjalan, meskipun tentu saja ada penurunan. Tetapi mereka tetap eksis,” terang Joko Wiyono.

Sebelum menjabat sebagai wakil bupati, Sadewo yang merupakan pengusaha ini juga sudah menunjukkan komitmennya terhadap koperasi. Ia yang memelopori berdirinya koperasi Petani Gula Organik (Kopipo) di Banyumas. Koperasi yang berkomitmen dalam pengembangan gula kelapa di Desa Gunun Lurah, Kecamatan Cilongok ini, sekarang menjadi wadah perjuangan para penderes gula kelapa dalam mempertahankan eksistensinya, sekaligus meningkatkan kesejahteraan bersama.

Baca juga  Tampil Sempurna di Grup C, MFA Banjarnegara Puncaki Klasemen Danpusdikjas Cup

Tak Hanya itu, Wabup Sadewo juga memelopori berdirinya Koperasi Produsen Berkah Rindang Kinasih. Koperasi itu mewadahi para pengrajin, serta memasarkan produk-produk unggulan Kabupaten Banyumas.

Berita Terkait

Berita Terkini