Rabu, 5 Oktober 2022

Pelaku UMKM di Cilacap, Keberatan Jika Listrik 450 VA Dihapus

Wati, warga Cilacap yang kesehariannya membuka warung ini, mengaku keberatan jika langganan listrik 450 VA dihapuskan, Sabtu (21/2/2022) lalu. Foto : Irfan

Adanya wacana penghapusan daya listrik 450 volt ampera (VA), membuat pelaku UMKM di Cilacap gusar. Sebab, selama ini sebagian besar pelaku UMKM lebih banyak menggunakan daya listrik 450 VA karena tarifnya lebih terjangkau.


Cilacap, serayunews.com

Wacana usulan penghapusan daya listrik 450 VA, pertama kali terlontar dari Ketua Banggar DPR RI, Said Abdullah. Kelompok rumah tangga miskin, akan dialihkan secara bertahap menggunakan daya listrik 900 VA.

Sementara, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membantah akan ada penghapusan daya listrik 450 VA. Pemerintah saat ini justru fokus, untuk mendorong subsidi listrik menjadi lebih tepat sasaran.

Salah seorang pelaku UMKM di Cilacap, Wati mengaku, keberatan jika harus beralih ke daya listrik yang lebih besar. Karena dengan kapasitas 450 VA pun, menurutnya sudah lebih dari cukup.

“Berat kalau misalnya harus beralih ke 900, pasti lebih mahal. Padahal, kebutuhan saya 450 sudah cukup,” katanya kepada serayunews.com, Kamis (15/9/2022).

Ia pun berharap, semoga pemerintah dapat mengambil kebijakan yang sesuai dengan kondisi masyarakat saat ini. Terlebih, harga BBM belum lama ini mengalami kenaikan, itu pun sudah berakibat pada naiknya harga kebutuhan pokok.

“Tapi belum jelas jadi atau tidak, semoga jangan lah. Semoga pemerintah lebih bijak lagi dalam mengambil keputusan,” tuturnya. (Irfan)

Berita Terpopuler

Berita Terkini