Jumat, 24 September 2021

Pembangunan Purbalingga Food Center Dilanjutkan, 281 Pedagang Direlokasi Sementara

Kawasan Purbalingga Food Center (PFC) mulai dikosongkan. Pekan depan pembangunan tahap ketiga lokasi Pedagang Kaki Lima (PKL) kuliner di Kabupaten Purbalingga kembali dilanjutkan. (Joko Santoso)

Pembangunan kawasan Purbalingga Food Center (PFC) di Kelurahan Purbalingga Kidul dilanjutkan di tahun 2021. Terkait hal itu, sebanyak 281 pedagang yang selama ini berjualan di kawasan tersebut direlokasi sementara.


Purbalingga, Serayunews.com

“Pembangunan tahap ketiga dan keempat PFC mulai dilaksanakan. Pedagang yang selama ini berada di kawasan itu sementara kami pindah ke lokasi parkir Stadion Goentoer Darjono,” kata Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Purbalingga Johan Arifin, Sabtu (11/9/2021).

Diungkapkan pembangunan PFC tahap ketiga dilaksanakan di tahun anggaran 2021. Anggaran pembangunan sebesar Rp 1,5 miliar di APBD murni tahun 2021. Pembangunan tahap ketiga akan diprioritaskan pada pembangunan blok A dan blok B.

“Pelaksanaan pembangunan selama 90 hari kerja. Pemenang lelang pembangunan adalah CN Nur Purbalingga. Nilai kontraknya Rp 1,2 Miliar dengan masa kerja 90 hari,” paparnya.

Mengenai pembangunan tahap keempat juga telah mendapatkan alokasi anggaran di APBD Perubahan tahun 2021. Jumlahnya sebesar Rp 1,5 miliar. Pembangunan tahap keempat akan diprioritaskan pada pembangunan blok C.

“Pembangunan tahap ketiga akan dilaksanakan pekan depan. Sedangkan pembangunan tahap keempat masih dalam perencanaan,” lanjutnya.

Berdasarkan pantauan, kawasan PFC sudah dikosongkan. Pedagang seluruhnya sudah memindahkan lapaknya ke parkir timur kawasan GOR Goentoer Darjono. Mereka akan menempati lokasi relokasi sementara hingga empat bulan ke depan.

“Semoga pembangunan lancar sehingga pedagang bisa menempati lokasi PFC dengan kondisi bangunan yang lebih baik dan permanen,” imbuhnya.

PFC merupakan lokasi pedagang kaki lima (PKL) kuliner Purbalingga. Sebelumnya para pedagang berjualan di kawasan sekitar alun-alun. Bupati Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) mengambil kebijakan menempatkan pedagang di lokasi PFC.

“Nantinya PFC akan menjadi pusat kuliner di Purbalingga. Makanya penataan dan pembangunan terus dilakukan secara bertahap,” kata Bupati Tiwi.

Berita Terkait

Berita Terkini