Jumat, 30 September 2022

Pemkab Banjarnegara, Bagikan Merah Putih pada Masyarakat untuk Dukung Program 10 Juta Bendera

Pemkab Banjarnegara, Bagikan Merah Putih pada Masyarakat untuk Dukung Program 10 Juta Bendera, Rabu (10/8/2022). (Maula Asadillah)

Semarak menyambut HUT RI ke 77 tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Banjarnegara membagikan ribuan bendera pada masyarakat. Kegiatan ini merupakan bagian dari dukungan Pemkab Banjarnegara untuk program Gerakan Pembagian 10 juta bendera. Program itu dicanangkan oleh Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum, Kemendagri.


Banjarnegara, serayunews.com

Pembagian bendera merah putih ini, sebagai bentuk dukungan serta menyemarakkan hari kemerdekaan RI yang ke 77 tahun 2022.

Kepala Bakesbangpol Banjarnegara, Teguh Handoko mengatakan, Gerakan 10 Juta Bendera Merah Putih ini merupakan tindak lanjut dari instruksi presiden. Instruksi presiden melalui surat Menteri Dalam Negeri RI Nomor 003.1/4397/SJ untuk menyemarakan HUT ke 77 RI dengan mengibarkan bendera merah putih selama bulan Agustus.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk menggugah rasa cinta tanah air dan meningkatkan semangat nasionalisme seluruh masyarakat,” katanya.

Untuk Kabupaten Banjarnegara, sedikitnya 2.000 bendera tersebar di seluruh wilayah.

“Bendera kita serahkan secara simbolis ke camat, kemudian disalurkan lagi ke warganya masing-masing,” katanya.

Pj Bupati Banjarnegara, Tri Harso Widirahmanto mengatakan, bendera merah putih merupakan identitas, simbol, dan alat pemersatu. Selama bulan kemerdekaan, bendera akan berkibar di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, termasuk di Kabupaten Banjarnegara.

Oleh karena itu, dia berpesan kepada masyarakat untuk berpartisipasi mengikuti kegiatan tersebut. Caranya, dengan memasang bendera merah putih di halaman rumah.

“Dengan berkibarnya bendera merah putih, kami harap gelora akan semangat persatuan dan kesatuan serta cinta tanah air akan terus tumbuh,” ujarnya.

Dia juga mengajak masyarakat untuk memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun ini, dengan kegiatan-kegiatan yang semarak dan positif.

“Kami meminta setiap kecamatan agar menginformasikan kepada masyarakat, untuk memeriahkan HUT Ke 77 Kemerdekaan RI dengan menyelenggarakan berbagai lomba,” katanya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini