Minggu, 5 Februari 2023

Pemkab Cilacap Targetkan Investasi UMKM Mencapai Rp 300 Miliar di 2023

Deretan tenda UMKM di Alun-alun Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap, Sabtu (9/7/2022) lalu. (Irfan/serayunews)

Pemkab Cilacap melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), menargetkan investasi sektor UMKM di 2023 mencapai Rp 300 Miliar. Hal itu diungkapkan Kepala DPMPTSP Kabupaten Cilacap, Ferry Adhi Darma.


Cilacap, serayunews.com

Menurut Ferry, target investasi Cilacap 2023 itu Rp 1,5 Triliun, dimana 20 persennya dari sektor UMKM.

“Jadi target investasi UMKM itu Rp 300 Miliar,” kata Ferry kepada serayunews.com, Senin (23/1/2023).

Ia menjelaskan, setidaknya ada tiga wilayah yang punya potensi besar dalam pertumbuhan UMKM, seperti di wilayah kota Cilacap, Majenang dan Kroya. Bahkan ketiga wilayah itu, menjadi penyumbang terbesar pertumbuhan UMKM selama 2022 lalu. Meski begitu, pihaknya akan terus menggenjot promosi investasi UMKM melalui berbagai kegiatan.

“Cilacap sejak jauh hari sudah mencanangkan sebagai kabupaten pro investasi. Jadi kita promosi investasi itu, baik di kancah lokal maupun nasional, bahkan internasional,” ujarnya.

Sementara, kata dia, realisasi investasi yang akan berjalan di 2023 antara lain dari Perusahaan Gas Negara (PGN) tahap pertama mencapai Rp 40 miliar, serta pembangunan Cilacap Citimall yang nilai investasinya mencapai Rp 100 Miliar.

“Di sisi lain, pembangunan Cilacap Industrial Park juga sudah mulai pembebasan lahan. Nantinya itu juga akan mendatangkan investasi yang lebih banyak lagi,” jelasnya. (Irfan)

Berita Terpopuler

Berita Terkini