Kamis, 1 Desember 2022

Pemkab Cilacap Terus Dorong Pelaku UMKM Melek Digital

Kepala DPKUKM Cilacap, Umar Said, Selasa (8/11/2022). (Irfan/Serayunews)

Pemkab Cilacap dalam hal ini Dinas Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (DPKUKM) terus berupaya mendorong pelaku UMKM agar melek digital.


Cilacap, serayunews.com

Demikian harapan untuk pelaku UMKM yang diungkapkan Kepala DPKUKM Cilacap, Umar Said, Selasa (8/11/2022).

“Iya upaya kita termasuk terus mengembangkan pemasaran dengan menggunakan digital marketing. Jadi kita adakan pelatihan digital marketing, di setiap kecamatan,” katanya kepada serayunews.com.

Dia menjelaskan, permasalahan utama yang selama ini dari para pelaku UMKM yakni soal pemasaran produk. Padahal, pasar saat ini bisa diciptakan melalui ekosistem digital. Sehingga pelatihan digital marketing saat ini menjadi fokus utama Pemkab Cilacap.

Adapun pelatihannya, yakni mengajarkan pelaku UMKM foto produk yang baik, membangun sosial media, iklan di internet dan interaksi pengguna media sosial.

“Seperti Jumat kemarin, kita mengadakan pelatihan digital marketing di Kecamatan Kesugihan. Ada 55 peserta. Mereka sangat antusias dan narasumber yang kami hadirkan pun berkompeten,” tuturnya.

Selain itu, kata dia, dalam rangka membangkitkan UMKM, pihaknya juga menjalin kerjasama dengan toko modern, memberikan bantuan seperti tenda, kerjasama beberapa CSR, memberikan pelatihan seperti kewirausahaan, manajemen usaha, sertifikasi halal, dan pameran produk UMKM.

Berita Terpopuler

Berita Terkini