Selasa, 29 November 2022

Penerbangan Komersial Bandara Tunggul Wulung Cilacap akan Dibuka Kembali

Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman lakukan Penandatanganan Berita Acara Komitmen Bersama dalam rangka Mendukung Pengembangan Bandar Udara Tunggul Wulung Cilacap disaksikan oleh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Cilacap Tulus Wibowo dan Kepala Bandar Udara Tunggul Wulung Cilacap Kapten Renato Joelfian Joesaki di Ruang Gadri Kantor Bupati. (Dok Istimewa)

Bandar Udara Tunggul Wulung Cilacap akan kembali dibuka untuk penerbangan komersil setelah sempat dibuka dan tutup pada 2019 lalu. Untuk mendukung pengembangan dan pengaktifannya kembali, Pemkab Cilacap teken komitmen kerjasama dengan Stakeholder.


Cilacap, serayunews.com

Wakil Bupati Syamsul Auliya Rahman menyampaikan bahwa, pengembangan Bandar Udar Tunggul Wulung Cilacap merupakan tindak lanjut dari pertemuan antara Pemkab Cilacap dengan beberapa pengelola maskapai penerbangan seperti Citylink, Wings Air, dan Nam Air yang difasilitasi oleh Otoritas Bandar Udara Wilayah III Juanda Surabaya pada tanggal 30 September 2021 yang lalu di Surabaya.

“Telah kami lakukan presentasi dihadapan operator atau para pengelola maskapai penerbangan yang hadir dan alhamdulillah upaya dalam pengembangan Bandar Udara Tunggul Wulung Cilacap direspon dengan baik,” ujar Wabup dalam acara penandatanganan berita acara di Ruang Gadri, Senin (15/11/2021).

Menurut Wakil Bupati, bahwa para pengelola Maskapai Penerbangan tetap berharap adanya dukungan dari Pemerintah Kabupaten Cilacap bersama seluruh stakeholder yang ada, agar seluruh potensi yang ada di Kabupaten Cilacap termasuk sarana prasarananya dapat didorong dan dikerahkan untuk mendukung mobilitas transportasi udara khususnya untuk rute Cilacap—Jakarta—Cilacap.

“Dengan adanya Komitmen Bersama ini nantinya Pemkab Cilacap dapat menunjukkan kepada Dirjen Perhubungan bahwa kita semua mendukung dan Pemkab Cilacap tidak bekerja sendiri. Artinya semua Perusahaan baik Swasta, BUMD serta BUMN peduli dan ingin menciptakan sebuah peningkatan pelayanan transportasi di Cilacap,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bandar Udara Tunggul Wulung Cilacap Capt. Renato Joelfian Joesaki mengatakan, bahwa niat untuk mengoptimalisasikan Bandar Udara Tunggul Wulung adalah keinginan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah yang harus didukung oleh masyarakat dan stakeholder.

“Saya berharap dengan hadirnya bapak-bapak pimpinan perusahaan maupun instansi yang hadir disini hari ini, dapat mendukung keinginan pemerintah kabupaten dan pemerintah pusat untuk segera mengaktifkan kembali Bandar Udara Tunggul Wulung sebagai sarana transportasi udara,” ujarnya.

General Manager PT. Dharmapala Usaha Sukses, Bambang Suwiknyo mewakili perusahaan dan selaku pengguna jasa transportasi di Cilacap menyampaikan dukungan atas dibukanya Bandara Tunggul Wulung yang menggandeng maskapai untuk dioperasikan kembali. Diharapkan nantinya di Cilacap dapat menghadirkan pesawat yang berkualitas dan dengan harga yang kompetitif sehingga tidak memberatkan para pengguna.

“Karena prinsip dasar dalam proses bisnis adalah fasilitas transportasi lancar maka akan menunjang semua kegiatan termasuk ongkos produksi maupun harga produk yang dihasilkan. Sehingga kita mendukung dengan adanya kegiatan yang sangat positif ini semoga dapat berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Acara Pertemuan antara Pemerintah Daerah dan Para Stakeholder dalam Rangka Mendukung Pengembangan Bandar Udara Tunggul Wulung diakhiri dengan penandatanganan berita acara komitmen bersama antara Pemerintah Derah dan Stakeholder.

Editor :M Amron

Berita Terpopuler

Berita Terkini