Jumat, 9 Desember 2022

Pengumuman, Mal Pelayanan Publik Cilacap Mulai Buka Hari Ini, Tempati Gedung Terminal

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Amirulloh, serta sejumlah instansi dari berbagai unsur saat membuka selubung uji coba operasional MPP Cilacap, Rabu (9/11/2022). (Ulul Azmi/Serayunews)

Pemerintah Kabupaten Cilacap melakukan uji coba operasional Mal Pelayanan Publik (MPP). MPP tersebut menempati gedung lantai dua Terminal Tipe A Bangga Mbangun Desa Cilacap. MPP Cilacap akan mempercepat dan mempermudah berbagai pelayanan dalam satu atap (lokasi).


Cilacap, serayunews.com

Dalam uji coba operasional MPP Cilacap, berawal dengan pembukaan selubung dan penandatanganan naskah kerjasama daerah oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Amirulloh, serta sejumlah instansi dari berbagai unsur.

Adapun MPP Cilacap yang menempati Terminal Tipe A Bangga Mbangun Desa Cilacap ini terdapat 180 jenis pelayanan dengan sebanyak 26 instansi yang telah bergabung di dalamnya.

Instansi tersebut di antaranya, unsur organisasi perangkat daerah (OPD) Cilacap, unsur kementerian/lembaga/instansi vertikal, dan unsur badan hukum publik. Contohnya pelayanan dinas seperti membuat KTP, kemudian layanan kepolisian Polresta Cilacap, hingga pelayanan BPJS Kesehatan maupun BPJS Ketenagakerjaan.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Amirulloh, serta sejumlah instansi dari berbagai unsur saat manandatangani naskah kerjasama Daerah dan uji coba operasional MPP Cilacap, Rabu (9/11/2022). (Ulul Azmi/Serayunews)

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menyampaikan, tujuan penyelanggaraan MPP adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Selain itu mengintegrasikan berbagai layanan meliputi instansi pusat, instansi daerah, BUMN, BUMD, swasta dan layanan pendukung lainnya dalam satu lokasi.

“Sehingga dengan begitu dapat memberikan pelayanan publik yang semakin cepat, terjangkau, mudah, aman dan nyaman. Ini baru 180 pelayanan, kalau bisa besok kami tambah untuk semua pelayanan,” ujar Bupati dalam keterangannya.

Iklim Investasi

Selain itu, MPP juga untuk meningkatkan daya saing global dan iklim investasi yang kondusif dalam memberikan kemudahan berusaha di daerah. Meningkatkan komitmen, kerjasama dan koordinasi antara para penyelenggara layanan dalam rangka penyediaan, pemanfaatan dan pengembangan pelayanan publik.

“Mal Pelayanan Publik menempati terminal. Jadi kalau ke mana-mana langsung bisa menyelesaikan perizinan di sini. MPP ini juga biar investor datang ke sini,” ujar Bupati.

MPP Cilacap yang menempati gedung lantai dua Terminal Tipe A Bangga Mbangun Desa Cilacap merupakan sinergitas antara Pemkab Cilacap dan Dirjen Perbubungan. Keberadaan MPP tersebut untuk memajukan pembangunan di Cilacap serta untuk mengubah imej terminal yang menyeramkan.

“Ini sebagai kolaborasi pemerintah pusat dan daerah untuk saling mendukung, seperti yang Pak Bupati sampaikan, dengan harapan memudahkan masyarakat, menarik investasi, iklim investasi semakin kondusif dengan perizinan yang semakin mudah. Serta terminal menjadi tempat yang tidak menakutkan lagi, sekarang semakin nyaman dan semakin baik,” ujar Sekretaris Dirjen Perhubungan Darat, Amirulloh.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Amirulloh, serta sejumlah instansi dari berbagai unsur saat meninjau stand di MPP Cilacap, Rabu (9/11/2022). (Ulul Azmi/Serayunews)

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Cilacap Ferry Adidarma menyampaikan, dengan uji coba operasional MPP Cilacap untuk pemacu semangat dalam mencapai target investasi di Cilacap.

“Target investasi 1,3 triliun, nanti bertahap dan mudah mudahan tahun 2025 sudah memiliki gedung Mal Pelayanan Publik sendiri, kalau sekarang kerjasama pinjam pakai,” ujarnya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini