Rabu, 22 Maret 2023

Pengurus PKB Bakal Melayani Desa Selama Sembilan Bulan

CILACAP, Serayunews.com-Dewan Pengurus Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Cilacap periode tahun 2020, akan fokus pada melayani Desa. Hal ini diungkapkan oleh Ketua DPC PKB Kabupaten Cilacap Sarif Abdilah pada Refleksi Harlah ke-94 Nahdlatul Ulama (NU) sekaligus pengukuhan DPC PKB Kabupaten Cilacap pada Sabtu (20/2).

“DPC PKB membuat satu konsep terkait fasilitasi masyarakat di desa mulai dikedepankan, problem-problem desa akan kita jawab sebagai sebuah tantangan agar kita carikan solusi,” ujarnya.

Kader-kades PKB, terutama mereka yang duduk di legislatif, akan memberikan pendampingan kepada desa, agar nantinya desa menjadiblebih maju. Bentuk riilnya, kata dia dengan mengadvokasi pelaksanaan pembangunan yang ada di desa.

“Fraksi dan juga kader nantinya untuk mengadvoksi yang ada di desa. Dengan memberikan pengawasan, kita juga akan memberikan informasi, akses dan mungkin kita juga akan memberikan pelatihan terhadap sumberdaya manusia yang ada di desa,” katanya.

Kepengurusan DPC PKB Cilacap tajun 2020 ini, menggantikan pengurus sebelumnya yang berakhir pada 31 Desember 2019. Masa kepengurusan periode ini hanya selama sembilan bulan, atau akan berakhir pada Bulan November mendatang. Bersamaan dengan pelaksanaan Musyawarah Cabang (Muscab) yang bakal secara serentak dilaksanakan oleh PKB di seluruh Indonesia.

Sarif Abdilah mengatakan, selama sembilan bulan kepengurusan, sudah ada fokus program kerja yang menjadi target pelaksanaan, terutama pembenahan struktur partai baik di tingkat DPC, pengurus anak cabang (PAC) dan pengurus ranting.

“Pada masa jeda ini, Kami akan tata DPC, PAC dan ranting, setelah itu kami akan menyiapkan untuk Muscab pada November, untuk memiliki pengurus definitif lima tahun kedepan,” katanya.

Program lainnya, yakni menyiapkan landasan untuk bergerak pada pemilu di 2020 mendatang. Pembentukan badan otonom partai seperti PC Gerbang Tani, serta pengadaan infrastruktur dan asset partai, dengan pengadaan Kantor DPC PKB.

Anggota DPR RI Siti Mukaromah yang hadir dalam acara tersebut berharap kepada para pengurus agar selama sembilan bulan ini menunjukan kinerja yang baik dan berkualitas. Penataan struktur organisasi menjadi hal yang penting untuk menyiapkan eksistensi PKB agar semakin kokoh.

PKB melayani desa, kata dia memang sudah menjadi kewajiban. “Wilayah Cilacap mayoritas desa, penduduk desa adalah NU dan PKB, sudah menjadi kewajiban kita yang diberi mandat melayani semuanya masyarakat desa,” ujarnya.

Refleksi Harlah ke-94 Nahdlatul Ulama (NU) DPC PKB Kabupaten Cilacap dihadiri oleh Ketua Dewan Syura PKB Cilacap KH Imdadurrochman Al Ubudi, jajaran pengurus periode 2020 termasuk diantaranya Syamsul Auliya Rachman sebagai Wakil Ketua DPC PKB Cilacap, para kader, dan lainnya. (ale)

Berita Terkait

Berita Terkini