Kamis, 7 Juli 2022

Penting! Instal Aplikasi Satkar Taru Siap, untuk Bantuan Pemadam Kebakaran di Cilacap

Penting! Instal Aplikasi Satkar Taru Siap, untuk Bantuan Pemadam Kebakaran di Cilacap. (Irfan)

Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Cilacap melalui UPT Pemadam Kebakaran, tak lama lagi akan melaunching aplikasi Satkart Taru Siap. Adapun aplikasi tersebut dapat digunakan masyarakat, untuk melakukan pengaduan jika ada kejadian kebakaran di seluruh wilayah Kabupaten Cilacap.


Cilacap, serayunews.com

Kepala Satpol PP Cilacap, Luhur Satrio Muchsin didampingi Kepala UPT Pemadam Kebakaran Cilacap, Supriyadi mengatakan, aplikasi Satkar Taru Siap adalah pengembangan dari program Satkar Taru (Stasiun Pemadam Kebakaran Terpadu). Di mana nantinya masyarakat dapat melaporkan kejadian kebakaran, hanya dengan satu kali klik di aplikasi tersebut.

Baca juga  Kurir Narkoba Bawa Sabu Senilai Rp10 Juta di Kroya Cilacap, Kemudian Dibekuk BNN

“Saat ini sudah siap sebetulnya, hanya saja baru bisa diunduh di Play Store satu minggu lagi. Jadi jika ada kebakaran tinggal klik tombol tolong di aplikasi itu,” katanya kepada serayunews.com, Rabu (27/4/2022).

Ia menjelaskan, cara kerja dari aplikasi Satkar Taru Siap ini akan menerima informasi aduan dari masyarakat, kemudian akan diteruskan oleh operator ke pos Damkar terdekat dari lokasi kejadian. Sehingga pos Damkar terdekat, akan mengirimkan tim pemadam ke titik lokasi kejadian kebakaran secara cepat.

“Aplikasi ini tersambung dengan Google Map, jadi posisi lokasi kebakaran langsung terdeteksi. Kami jamin tidak sampai 15 menit, tim pemadam sudah meluncur ke lokasi,” tuturnya.

Baca juga  Wujud Rasa Syukur, Warga Desa Jepara Kulon di Cilacap Gelar Merdi Bumi

Pria yang akrab disapa Rio ini pun berharap, nantinya masyarakat bisa mengunduh aplikasi ini secara serentak. Karena akan membantu penanganan kebakaran secara cepet, serta mengurangi korban jiwa maupun harta benda. Terlebih dalam pelaksanaannya, program ini juga bekerjasama dengan pihak swasta yang memiliki sarana pemadam kebakaran, yang diharapkan setiap ada kejadian dapat diselesaikan secara paripurna.

“Saya minta semua masyarakat mengunduh aplikasi Satkar Taru Siap, karena merupakan kebutuhan, terutama jaga-jaga bila ada kebakaran. Agar cepet tertangani dan tidak menimbulkan korban jiwa,” jelasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini