Senin, 18 Oktober 2021

Percepat Vaksinasi, Satgas Cilacap Tambah Petugas Vaksinator

Petugas vaksinator Polres Cilacap. (Ulul)

Dukung percepatan capaian vaksinasi, Satgas Penanganan Covid Kabupaten Cilacap menambah jumlah petugas vaksinator dengan melibatkan relawan tenaga kesehatan yang sedang menempuh pendidikan akhir sekolah keperawatan.


Cilacap, serayunews.com

Kapolres Cilacap AKBP Leganek Mawardi menyampaikan, bahwa program percepatan vaksinasi sedang gencar dilakukan untuk memenuhi capaian target hingga 1,5 juta sasaran hingga akhir tahun 2021 ini. Untuk itu, selain menyiapkan ketersediaan vaksin, Satgas juga menambah jumlah vaksinator.

“Selain dari jumlah vaksin yang dimintakan untuk terus ditambah, dari Provinsi juga mendorong akan ditambah, dan akan menaikkan jumlah vaksinator yang kemarin sudah kita latih bersama dari Dinas Kesehatan dan Polri, direkrut dari calon Nakes di sekolah perawatan tingkat akhir, kita ajak untuk membantu vaksinator,” ujar Kapolres dalam keterangnnya, Jumat (23/07/2021).

Selain itu, Satgas juga telah memberikan sejumlah pelatihan kepada tenaga kesehatan yang baru sebagai petugas vaksinator di dalam lembaga pemasyarakatan. Menurutnya, akselerasi akan ditingkatkan dengan mengandeng sejumlah pihak mulai dari rumah sakit, puskemas, klinik, serta TNI dan Polri.

“Dengan program percepatan vaksinasi, saat ini capaian vaksinasi sudah lebih dari 11%, dari target keseluruhan yang kini di tingkatkan menjadi 1,5 juta sasaran hingga akhir 2021,” ujarnya.

Selian itu, pihaknya juga mempercapat input data peserta vaksinasi dari seluruh kelompok masyarakat. Sebab data tersebut akan menentukan jadwal dan tempat vaksinasi.

“Kita bantu proses inputing vaksinasi untuk mempercepat, karena kita butuh pendataan dari komunitas yang ada dari berbagai lapisan baik dari nelayan, buruh pabrik, ojek, karyawan perusahaan dan lainnya, kita sudah mulai laksanakan dan akan kita undang sesuai dengan kedatangan vaksin,” ujarnya.

Selain itu, dalam mendukung percepatan vaksinasi tersebut, satgas juga melibatkan berbagai Lembaga, Instan, Stakeholder dan elemen lain, rutin menggelar vaksinasi masal dan berupaya menambah jumlah vaksin yang saat ini masih terbatas.

“Satgas mendapatkan vaksin dari beberapa sumber, TNI, Polri, Dinas Kesehatan, dikumpulkan dalam satu titik Dinas kesehatan, kemudian didistribusikan kepada masyarakat di seluruh Cilacap, vaksinasi massal akan terus kontinue dilakukan,” ujarnya.

Editor :M Amron

Berita Terkait

Berita Terkini