Senin, 5 Desember 2022

Pernah Positif Covid-19, Ka Dinhub Banyumas Ajak Donor Plasma Darah

Kepala Dinas Perhubungan (Dinhub) Kabupaten Banyumas, Agus Nur Hadie

Pernah dinyatakan positif Covid-19 dan saat ini sudah sembuh, Kepala Dinas Perhubungan (Dinhub) Kabupaten Banyumas, Agus Nur Hadie merasa terpanggil untuk melakukan donor plasma darah sebagai terapi kesembuhan bagi pasien Covid-19 lainnya.


Banyumas, Serayunews.com

Agus Nur Hadie mengajak para pasien Covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh, untuk tidak segan mendonorkan plasma darah.

“Plasma darah dari pasien Covid-19 yang sudah sembuh ini sangat dibutuhkan oleh pasien positif lainnya yang kondisinya kurang baik, sebab bisa digunakan sebagai obat,” katanya, Selasa (5/1/2021).

Sebagaimana diketahui, saat ini tim medis memang sedang melakukan upaya pengobatan pasien Covid-19, salah satunya dengan menggunakan terapi plasma darah pasien yang sembuh dari virus. Sebab, antibodi virus pada pasien yang pulih dari Covid-19 telah terbentuk untuk dapat melawan infeksi virus Covid.

Lebih lanjut Agus mengatakan, donor plasma darah tidak sakit, rasanya seperti donor darah biasa. Hanya saja, jangka waktunya lebih lama. Jika donor darah membutuhkan waktu sekitar 15 menit, donor plasma darah bisa sampai 30 menit lebih.

“Kemarin waktu donor plasma darah pertama, saya diambil 600 cc atau sekitar  3 kantong, semoga bermanfaat untuk pasien positif lainnya,” tuturnya.

Untuk jangka waktu donor plasma, minimal 2 minggu, namun tergantung pada kondisi tubuh. Agus mengaku sudah dihubungi lagi oleh pihak PMI Banyumas untuk melakukan donor plasma darah kedua dalam waktu dekat ini.

“Waktu saya menjalani perawatan karena positif, saya melihat pasien lain kondisinya banyak yang lebih parah. Pada saat itulah saya tergerak dan berjanji pada diri sendiri untuk mendonorkan plasma darah setelah sembuh,” katanya.(Hermiana)

Berita Terpopuler

Berita Terkini