Senin, 23 Mei 2022

Pertumbuhan Zakat Melalui Baznas Cilacap Terbaik di Jawa Tengah, Ini Sasaran Programnya

Piagam Penghargaan Baznas Provinsi Jawa Tengah (dok istimewa)

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Cilacap targetkan perolehan zakat, infaq dan sedekah (ZIS) tahun 2021 meningkat. Tahun ini ditarget Rp 15 miliar atau meningkat 5 miliar dari tahun sebelumnya sebesar Rp 10 miliar. Dengan pertumbuhan ZIS maksimal, Baznas Cilacap mendapat peringkat terbaik di Jawa Tengah.


Cilacap, serayunews.com

Wakil Ketua II Baznas Cilacap Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Hamidan Majdi menyampaikan, perolehan predikat terbaik itu tak lepas dari pertumbuhan ZIS di Kabupaten Cilacap yang mengalami peningkatan setiap tahunnya, dengan berbagai upaya peningkatan program kegiatan.

Baca juga  Anggota DPRD Sumsel Temui Ganjar, Minta Bantuan Selesaikan Sengketa Aset

“Dari target Rp 15 miliar, hingga bulan April 2021 sudah terkumpul Rp 4,2 miliar. Didukung oleh banyak hal dan pihak, terutama dari pemerintah daerah, dan berbagai program yang ada menambah kepercayaan muzakki untuk titip kepada Baznas,” ujar Hamidan.

Hamidan menambahkan, bahwa upaya pemenuhan target perolehan ZIS dilakukan dengan menambah program-program untuk meningkatkan kepercayaan terhadap muzakki, dan manfaatnya langsung disalurkan kepada masyarakat.

“Kita upayakan dengan memaksimalkan sosilisasi, serta bersinergi dengan pemerintah daerah ikut memback up kegiatan sosial seperti bantuan bedah rumah, bantuan anak yatim piatu, orang jompo, termasuk bantuan dalam acara tarhim di bulan Ramadhan,” ujarnya.

Baca juga  150 ribu Lebih Wisatawan Serbu Purbalingga Selama Libur Lebaran

Sementara itu, pada bulan Ramadhan tahun ini Baznas Cilacap menyalurkan sebanyak 5000 bingkisan, yang disalurkan diberbagai program, baik kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui kegiatan tarhim Bupati yang dilaksanakan di 12 kecamatan.

“Bantuan yang disalurkan berupa santunan kaum du’afa, bantuan kepada yatim piatu, bantuan paket sembako. Selain itu, bingkisan juga dibagikan kepada UPZ, OPD, dan semua pihak yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan sebelumnya,” ujarnya.

Untuk meningkatkan perolehan ZIS di Cilacap, Baznas akan memaksimalkan peran pegawai aparatur sipil negara (ASN) Cilacap khusus yang muslim. Karena jika melihat dari jumlah ASN muslim Cilacap, ada potensi sebesar Rp 25 miliar pertahun.

Baca juga  Istri Bupati Cilacap Gelar Halalbihalal bersama Organisasi Wanita Kabupaten Cilacap

“Memang sebagian ASN sudah ke Baznas Cilacap, namun belum semuanya. Sedangkan potensi lain ada di desa/kelurahan, BUMN, perbankan serta TNI Polri, didorong membentuk UPZ,” ujarnya.

Selain progam bantuan kaum du’afa dan yatim piatu, Basnas Cilacap juga rutin menyalurkan program seperti bantuan sarana usaha, bantuan modal usaha, dan bantuan bedah rumah.

Sementara itu, pada tahun ini Baznas Cilacap juga mendapatkan titipan beras zakat fitrah dari Baznas RI,  dimana hasil produk beras dari tani makmur binaan dari Baznas pusat dititipkan ke seluruh kecamatan, diberikan kepada asnaf, fuqoro dan masakin.

Editor :M Amron

Berita Terkait

Berita Terkini