PHRI Cilacap Akan Dukung Pengembangan Potensi Wisata di Cilacap

Cilacap, Serayunews.com- Pengurus Badan Pimpinan Cabang (BPC) Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Cilacap periode 2019-2024 dilantik, di Aula Jalabumi komplek Pendapa Wijayakusuma Selasa(3/3). Pelantikan dilaksanakan oleh Ketua BPD PHRI Provinsi Jawa Tengah Heru Isnawan.

Adapun pengurus BPC PHRI Kabupaten Cilacap yakni, Ketua Amin Suwanto, Wakil Ketua 1 Eko Sulistio, Wakil Ketua 2 Lusianto Adi, Wakil Ketua 3 Asep Suparman. Bidang Humas, Promosi dan Pemasaran Vebby Supriyadi, Catharina Pamungkas, dan Surya Renata.
Bidang Organisasi dan Peningkatan SDM Yuyun Setiadi, Eko Priyono Prasetyo. Bidang Sosial dan Kemasyarakatan, Mukh Sarwono dan Winardi, serta Bidang Umum, Kasran, Meyningsih dan Esti Rahayu.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji berharap agar PHRI bersinergi dengan pemerintah Kabupaten Cilacap dalam meningkatkan sektor pariwisata. Pasalnya, banyak potensi wisata yang menadik dan belum digali di Cilacap.
Apalagi, kata Bupati, Pemkab segera membuka paket-paket wisata Sabtu Minggu. Dimana nantinnya wisatwan akan berkeliling ke lokasi wisata yang ada di Cilacap, selama dua hari. Para wisatawan ini akan menginap di hotel yang menjadi bagian dari PHRI.

“Menjadi penting, agar PHRI ikut membangun wisata bersama dengan pemerintah. Karena membangun wisata tidak hanya tanggungjawab pemerintah saja, tetapi juga masyarakat dan pelaku usaha seperti PHRI,” ujarnya.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Cilacap Heroe Harjanto mengharapkan dengan kerjasama ini, tarif menginap wisatawan akan lebih murah dengan adanya diskon khusus. Sehingga nantinya akan meringankan biaya wisatawan yang datang.
“Kita ada paket wisata, misalnya pada akhir pekan, hotel bisa pasang tarif 50 persen, karena setiap malam minggu kan kurang ada tamu, dengan adanya paket wisata ini, bisa dikolaborasikan sehingga kedepan akan menggeliatkan wisata dan juga perhotelan di Cilacap,” ujarnya.

Ketua PHRI Kabupaten Cilacap Amin Suwanto sangat mendukung penuh adanya program paket wisata yang ditawarkan oleh Pemkab Cilacap. Meskipun demikian, kata dia saat ini masih dalam tahap perhitungan, terutama untuk diskon menginap.
“Ada diskon khusus yang akan disepakati menjadi paket wisata, ada harga special. Insyaallah jika menjadi program pemerintah akan didukung sepenuhnya oleh PHRI,” ujarnya.

Selain itu, PHRI sendiri juga memiliki beberapa program unggulan, selain mendukung pengembangan potensi wisata di Cilacap, program lainnya dengan akan adanya pelaksanaan uji kompetensi atau sertifikasi profesi bagi pelaku perhotelan dan juga restoran.
“Kami akan melaksanakan uji kompetensi atau sertifikasi profesi untuk para pelaku perhotelaan dan juga restoran, mulai dari bidang front office, house keeping, food baverage service dan food baverage product dan akan di laksanakan pada Bulan April,” katanya.

Program lainnya yakni, konsolidasi ke dalam organisasi. Pasalnya, dari sekitar 51 hotel yang ada di Cilacap, baru 30 hotel diantaranya sudah bergabung menjadi anggota PHRI Kabupaten Cilacap.
“PHRI kali ini kita mengajak yang serius bergabung, kalau tidak ingin bergabung kita tidak memaksa, karena kami ingin ada keaktifan, dan program kami harus jalan serta peningkatan kapasitas teman-teman harus ada,” ujarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini