BerandaTravelPilihan Oleh-oleh di Cilacap yang Wajib Dibeli

Pilihan Oleh-oleh di Cilacap yang Wajib Dibeli

keripik sukun
Keripik sukun, salah satu oleh-oleh khas Cilacap (Instagram.com/oleh_oleh_khas_cilacap)

SERAYUNEWS –¬†Cek di sini daftar oleh-oleh Cilacap yang bisa kamu beli. Oleh-oleh khas memang biasanya dibuat dengan cara khusus.

Rasanya juga khas dan kadang kala hanya tersedia di daerah itu saja. Sayang untuk melewatkan makanan atau camilan khas daerah. Biasanya, banyak yang mencari oleh-oleh yang jarang ditemui.

Kabupaten Cilacap merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah. Daerah ini terkenal dengan beragam tempat wisata yang indah. Ada pantai-pantai hingga taman wisata.

Kalau jalan-jalan atau lewat Cilacap bisa beli aneka buah tangan seperti makanan atau camilan. Beli oleh-oleh di daerah juga termasuk salah satu cara mendukung UMKM.

Oleh-oleh Khas Cilacap

Simak rekomendasi oleh-oleh Cilacap yang bisa dibeli sebagai buah tangan yang dihimpun Serayunews:

1. Kerupuk Ikan Tengiri

Salah satu makanan enak di Cilacap adalah kerupuk ikan tengiri. Jika biasanya ikan tengiri dibuat menjadi empek-empek, kamu bsa menemukannya sebagai camilan atau lauk yang kriuk. Teksturnya renyah dan gurih tetapi tidak beraroma amis.

2. Templeng

Berikutnya adalah templeng yang terbuat dari tepung beras dan bumbu khas. Sebenarnya di daerah lain disebut dengan rempeyek. Ada pilihan templeng mulai dari templeng rebon, templeng kacang, templeng kedelai, hingga templeng teri.

3. Keripik Sukun

Masyarakat tempat mengolah sukun menjadi keripik atau stik. Sukun dipotong tipis-tipis kemudian rasanya gurih. Camilan ini bisa dibeli di berbagai toko oleh-oleh.

4. Brekecek

Oleh-oleh khas Cilacap berikutnya adalah brekecek. Tampilannya mirip rica-rica kuah kental. Bahan utamanya adalah kepala (pathak) ikan jahan. Rasanya begitu nikmat. Wajib coba kuliner yang satu ini jika berada di Cilacap.

5. Rempeyek Tumpuk

Satu lagi oleh-oleh khas yang tak boleh dilewatkan. Ada rempeyek dengan taburan undur-undur atau yutuk. Cilacap tidak jauh dari pantai sehingga banyak undur-undur yang bisa dipanen. Rempeyek yutuk cocok untuk camilan atau teman makan nasi.

6. Sale Pisang

Seperti namanya, camilan ini terbuat dari pisang seperti raja nangka, raja bandung, pisang lempeneng, hingga kepok.

Pisang diiris tipis-tipis kemudian dikeringkan. Selanjutnya, dibalut dengan adonan tepu dan digoreng sampai berwarna kecoklatan.

Itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh yang bisa dibeli di Cilacap. Soal harga masih terbilang murah dan ramah di kantong.

***

 

Terkait