Sabtu, 25 Maret 2023

Pimpin Rapat Paripurna Istimewa dengan Bahasa Jawa, Ini Pesan Ketua DPRD Banjarnegara

Ketua DPRD Banjarnegara Ismawan Setya Handoko saat memimpin rapat paripurna istimewa peringatan hari jadi Banjarnegara ke 452 di Pendopo Dipayudha banjarnegara, Minggu (26/2/2023). (Maula/Serayunews)

Penutupan puncak peringatan Hari Jadi Banjarnegara ke 452 dengan Rapat Paripurna Istimewa DPRD Banjarnegara. Acara rapat berlangsung di Pendapa Dipayudha Banjarnegara, Minggu (26/2/2023). Kali ini, rapat paripurna menggunakan Bahasa Jawa.


Banjarnegara, serayunews.com

Hadir dalam rapat paripurna ini unsur pimpinan dan anggota DPRD, Pj bupati, unsur Forkompinda. Lalu, sekda, kepala OPD, tamu undangan dari berbagai elemen masyarakat.

Ketua DPRD Banjarnegara, Ismawan Setya Handoko mengatakan, rangkaian peringatan hari jadi sudah berjalan dengan baik. Termasuk puncaknya rapat paripurna di DPRD. Dia juga mengapresiasi penggunaan pakaian adat Jawa khas Banyumasan, sebagai pakaian wajib bagi seluruh komponen yang terlibat dalam peringatan hari jadi.

Menurutnya, tradisi dan Bahasa Jawa dalam rapat paripurna ini merupakan bagian dari gambaran Kabupaten Banjarnegara baik eksekutif maupun legislatif. Tujuannya, untuk bersama-sama ingin menyengkuyung dan nguri-uri budaya Jawa.

Baca juga: Sambut Hari Jadi ke 452 Pemkab Banjarnegara, Pemkab Launching Logo dan Siapkan Sederet Kegiatan Seru

“Jadi ada istilah ‘Wong Jawa aja lali jawane’. Istilah ini yang mendasari kita bersama untuk memahami betapa besar kultur Jawa yang berpengaruh terhadap kehidupan kita. Karena kultur Jawa ini, mengandung nilai-nilai yang baik dalam kehidupan,” katanya.

Tak hanya itu, dalam kultur Jawa juga ada norma dan nilai-nilai yang harus jadi pedoman hidup dalam bermasyarakat. Sehingga, masyarakat bisa bersama-sama untuk bangkit dan membangun Banjarnegara menjadi lebih baik lagi.

Lebih Baik

Dia mengatakan, momentum Hari Jadi Banjarnegara ke 452 tahun 2023 ini harapannya Kabupaten Banjarnegara menjadi lebih baik lagi. Yakni, ada progres pembangunan yang lebih baik.

“Untuk hal-hal yang hanya berada di tempat, saya pikir sudahi saja. Kita ingin bersama-sama dengan Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, berpikir fokus pada hal mana yang harus diselesaikan satu per satu. Sehingga progresnya jelas,” ujarnya.

Melalui peringatan Hari Jadi Banjarnegara ke 542 ini, dia juga mengajak semua komponen untuk melanjutkan apa yang sudah dilakukan oleh para pendahulu di Banjarnegara. Sehingga peringatan hari jadi seperti ini, sebagai bagian dari upaya untuk terus menjaga dan melestarikan budaya Banjarnegara sehingga warga tetap mengingat.

“Peringatan seperti ini untuk mengingatkan kembali, bahwa Banjarnegara ini telah memberi kehidupan bagi kita. Sehingga harus terus kita sengkuyung dan kita turunkan kepada anak cucu ke depan,” katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini