Sabtu, 8 Oktober 2022

Pj Bupati Banjarnegara Ajak Petani Optimalkan Program UPLAND, Berikut Penjelasannya

Pj Bupati Banjarnegara, Tri Harso Widirahmanto saat meluncurkan pembiayaan usaha mikro petani sekaligus evaluasi program UPLAND di Banjarnegara, Kamis (15/9/2022). Foto Dok Kominfo Banjarnegara

UPLAND, merupakan kegiatan pertanian di dataran tinggi yang komprehensif dari pengembangan on-farm sampai off-farmnya. Harapannya, program ini dapat meningkatkan kapasitas, daya inovasi, serta pendapatan petani.


Banjarnegara, serayunews.com

Pj Bupati Banjarnegara, Tri Harso Widirahmanto, mengajak dan meminta para petani di Kabupaten Banjarnegara untuk mengoptimalkan program UPLAND. Hal tersebut dia ungkapkan dalam monitoring dan evaluasi pelaksanaan program UPLAND di Kabupaten Banjarnegara, Kamis (15/9/2022).

“Harapan saya masyarakat khususnya kelompok tani yang mendapatkan program UPLAND, bisa mengoptimalkan dengan sebaik-baiknya. Karena ini adalah kesempatan yang sangat baik, untuk meningkatkan produksi pertanian dan mendukung upaya peningkatan ketahanan pangan, pertumbuhan ekonomi, tentu saja meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan keluarga petani serta berkelanjutan,” katanya.

Menurutnya, program ini dapat meningkatkan taraf hidup petani, meningkatkan nilai tambah. Selain itu menjadikan petani yang mandiri, memiliki posisi tawar yang lebih baik. Kemudian, mampu mengembangkan pasar komoditas pertanian baik pasar domestik maupun ekspor.

“Tentu saja jika taraf hidup meningkat, maka ini akan ikut mengurangi angka kemiskinan di Banjarnegara,” katanya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pertanian, Perikanan Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banjarnegara, Herrina Indri Hastuti memberikan penjelasannya. Ia mengatakan, adanya program UPLAND selama 4 tahun ini sangat membantu petani, terutama petani di dataran tinggi.

Fasilitasi dari hulu sampai hilir, baik infrastruktur pertanian, sarana produksi, peningkatan kapasitas. Kemudian, fasilitasi panen, pasca panen, pembiayaan usaha, serta pemasaran harapannya menjadi pendorong kemajuan usaha sektor pertanian khususnya di komoditas kopi dan ternak.

Pada tahun 2022 ini, capaian keuangan program UPLAND di Kabupaten Banjarnegara hingga bulan September 2022 telah mencapai 59 persen. Sedangkan fisik, 70 persen dari total anggaran senilai Rp19,87 miliar.

Selain itu, dalam kegiatan ini juga ada evaluasi pelaksanaan program, sosialisasi skema pembiayaan usaha mikro (microfinance), serta launching pembiayaan usaha mikro petani.

Berita Terpopuler

Berita Terkini