Senin, 4 Juli 2022

PKU Muhammadiyah Merden Banjarnegara Peringati Hari Donor Darah Sedunia

Aksi donor darah di PKU Muhammadiyah Merden Banjarnegara
Aksi donor darah di PKU Muhammadiyah Merden Banjarnegara. Foto Maula

Memperingati Hari Donor Darah Sedunia (HSSD) 2022, PKU Muhammadiyah Merden Banjarnegara melakukan aksi donor darah massal, Kamis (16/6/2022). Pelaksanaan kegiatan tersebut bersama PMI Banjarnegara.


Banjarnegara, serayunews.com

Dalam kegiatan tersebut, berhasil terkumpul 49 kantong darah. Darah itu nantinya dapat untuk membantu sesama melalui PMI Kabupaten Banjarnegara. Kegiatan tersebut, merupakan bagian dari rangkaian kegiatan peringatan HDDS tahun 2022.

Kepala Unit Donor Darah PMI Kabupaten Banjarnegara, Agus Budi Susanto mengatakan, PKU Muhammadiyah Merden merupakan bagian dari kelompok donor darah sukarela yang sudah rutin melakukan kegiatan tersebut. Namun peserta kali ini tidak hanya para karyawan, tetapi juga masyarakat umum yang ada di sekitar PKU.

Baca juga  Sah! Azis Purwanto Jabat Direktur Polibara Empat Tahun ke Depan

“Kali ini menjadi spesial, karena bertepatan dengan momen hari donor darah sedunia. Peringatan hari donor darah sedunia yang setiap tahunnya dengan berbagai aksi donor untuk kemanusiaan,” katanya.

Dalam peringatan tahun ini, tema yang diambil dalam HDDS ‘Mendonorkan darah adalah suatu tindakan solidaritas’. Untuk itu, pihaknya mengajak masyarakat bergabung menjadi pendonor darah sukarela demi menyelamatkan sesama.

“Banyak manfaat yang kita ambil ketika menjadi pendonor darah sukarela, baik untuk pendonor dan terlebih untuk pasien,” ujarnya.

Beberapa manfaat di antaranya mampu menurunkan risiko terkena serangan jantung. Selain itu, mendonorkan darah juga bisa meminimalkan risiko kanker, stroke, dan donor darah juga bisa membuat kadar zat besi dalam darah jadi stabil.

Baca juga  Dua Hari Operasi Patuh Candi, Sudah 305 Pelanggar Lalu Lintas di Banjarnegara Kena Tilang Elektonik

Ketua PMI Kabupaten Banjarnegara, Amalia Desiana dalam momentum hari donor darah sedunia, menyampaikan harapan kepada masyarakat untuk terus berbuat dan tidak berhenti menebar kebaikan.

“Slogan setetes darah Anda adalah nyawa bagi mereka sangat akrab di telinga kita. Untuk itu mari bersama PMI kita terus bersinergi untuk berbuat lebih kepada orang lain yang membutuhkan,” katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini