Kamis, 29 September 2022

PMI Banjarnegara Ajarkan Pertolongan Gawat Darurat ke Para Pelajar

Education class PMI Banjarnegara. (Maula)

Mendidik dan menciptakan kader generasi muda yang andal dan berkualitas serta berjiwa kemanusian terus digalakkan oleh PMI Kabupaten Banjarnegara. Salah satunya yakni dengan menggelar education class yang dimulai sejak usia SD hingga SMA.


Banjarnegara, Serayunews.com

Education Class yang dilakukan pada kalangan pelajar ini dilakukan untuk memberikan bekal pada siswa terkait materi pertolongan pertama dan kegawatdaruratan. Hal ini sangat penting agar tindakan pertolongan ini dapat dilakukan dengan baik dan benar, sehingga dapat mengurangi fatalitas korban akibat pertolongan yang kurang tepat.

Ketua PMI Kabupaten Banjarnegara dr. Amalia Desiana mengatakan, pertolongan pertama sangat dekat dalam kehidupan sehari hari. Banyak kasus yang membutuhkan pertolongan pertama dan harus mendapatkan perhatian serius.

“Kelihatannya sepele, namun pertolongan pertama jika tidak dilakukan dengan baik serta prosedur yang benar, justru akan memperparah situasi bagi korban atau penderita. Sehingga pengetahuan dan pemahaman tentang pertolongan pertama ini sangat penting,” katanya.

Sasaran kalangan pelajar ini tidak lepas karena mereka adalah kader muda yang harus tanggap dan peduli terhadap lingkungan. Jangan sampai hanya karena minim pengetahuan pertolongan pertama ini, niat baik untuk menolong justri menambah fatalitas orang yang ditolong.

Selain itu, PMI Kabupaten Banjarnegara juga membuka dengan lebar kepada siapa saja yang hendak mengadakan education class atau pelatihan Pertolongan Pertama baik untuk kalangan sekolah maupun instansi atau perusahaan.

Sementara itu Ketua Bidang Diklat dan Relawan Agus Sutanto mengatakan, pemberian materi pertolongan pertama pada era saat ini diarahkan dengan metode praktis dan mengikuti perkembangan zaman seiring dengan era digitalisasi.

“Masyarakat dapat mendownload materi secara mudah dan cepat lewat aplikasi First Aid PMI, sedangkan untuk aplikasi atau praktik dapat kami bimbing sesuai dengan studi kasus di lapangan,” katanya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini