Minggu, 28 November 2021

PMI Banjarnegara Diingatkan Harus Dekat dengan Masyarakat

etua Bidang Organisasi PMI Provinsi Jawa Tengah Prof. Dr. FX. Adji Samekto, SH, MH. (Maula)

Upaya peningkatan profesionalisme dan optimalisasi bagi pengurus, PMI Kabupaten Banjarnegara menghadirkan Ketua Bidang Organisasi PMI Provinsi jawa tengah untuk melakukan pemahaman dalam implementasi dimensi kepalangmerahan sesuai dengan UU No 1 tahun 2018.


Banjarnegara, serayunews.com

Palang Merah Indonesia (PMI) diharapkan semakin profesional dalam setiap layanan dan lebih dekat masyarakat dalam kondisi apapun. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Bidang Organisasi PMI Provinsi Jawa Tengah Prof. Dr. FX. Adji Samekto, SH, MH saat memberikan materi Diseminasi Kepalangmerahan bagi Pengurus PMI Kecamatan se Kabupaten Banjarnegara, Selasa (23/11/2021).

Menurutnya, peranan PMI di era saat ini adalah membantu pemerintah dalam bidang sosial, kemanusiaan, penanggulangan bencana alam, serta mengisi beberapa peran yang vital atau ruang yang strategis, sehingga masyarakat terlayani dengan baik.

Selain itu pemahaman tentang fungsi dan peran PMI bagi pemangku kepentingan mutlak dilakukan agar gerakan palangmerah sebagai perhimpunan nasional yang merupakan implementasi dari Undang Undang Nomor 1 Tahun 2018 tentang kepalangmerahan dapat dipahami oleh pemangku kebijakan dan stakeholder.

PMI sebagai organisasi kemanusiaan harus selalu siap sedia dan berbenah diri menghadapi era baru, tantangan baru dan tentunya iklim baru yang semuanya pasti akan berdampak pada pelayanan kepada masyarakat.

“Inovasi, ide serta gagasan baru harus selalu dilakukan agar PMI semakin dekat dengan semua kalangan segmentasi di lingkungan masyarakat,” katanya.

Wakil Ketua PMI Kabupaten Banjarnegara Noor Tamami mengatakan, diselenggarakannya dimensi kepalangmerahan ini sengaja dilakukan agar pemahaman nilai nilai gerakan, tugas pokok dan fungsi PMI tersampaikan secara tuntas.

“Ini adalah hal mendasar, kenali PMI sebagai bagian dari ibadah dalam misi kemanusiaan, sehingga kita dapat melakukan yang terbaik dalam membantu sesama,” katanya.

Terlebih saat ini hampir 80 persen pengurus PMI Kecamatan adalah wajah baru, dengan gerbong baru ini diharapkan menjadi semangat serta enegi baru untuk mengabdi bersama untuk kemanusiaan.

Berita Terkait

Berita Terkini