Sabtu, 3 Desember 2022

PMI Cilacap Gelar Operasi Katarak Gratis bagi Warga Kurang Mampu

Ratusan warga peserta operasi katarak saat jalani skrining kesehatan oleh tim medis di Klinik PMI Cilacap, Sabtu (5/11/2022). (Dok PMI Cilacap).

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cilacap menggelar operasi katarak mata gratis yang digelar selama dua hari ini. Kegiatan bakti sosial ini sebagai bentuk kepedulian, dalam membantu masyarakat yang kurang mampu.


Cilacap, serayunews.com

Operasi katarak mata gratis diikuti sebanyak 117 pasien yang diawali dengan skrining/ pemeriksaan oleh dokter spesialis mata RSUD Cilacap. Skrining dilakukan di Klinik Pratama Rawat Inap PMI Cilacap, Sabtu (5/11/2022).

Adapun untuk operasi katarak mata, digelar selama dua hari, yakni tanggal 5-6 November 2022. Untuk hari pertama operasi katarak dilakukan sebanyak 50 mata, dan selebihnya akan dilakukan secara bertahan sesuai jadwal dari Poli Mata RSUD Cilacap.

Untuk peserta yang mengikuti operasi katarak ini diutamakan masyarakat yang kurang mampu dan tidak memiliki BPJS. Sedangkan keseluruhan biaya operasi, ditanggung oleh PMI Kabupaten Cilacap.

Ketua PMI Kabupaten Cilacap Farid Ma’ruf menyampaikan, bahwa acara ini dapat terselenggara atas sumbangsih masyarakat Cilacap melalui Bulan Dana PMI Kabupaten Cilacap. Dimana kegiatan ini, juga telah dilakukan secara rutin setiap tahunnya.

“Semoga dengan pelaksanaan Bakti Sosial Operasi Katarak gratis ini, dapat membantu masyarakat yang mengalami katarak agar dapat melihat kembali indahnya dunia serta berkumpul bahagia bersama keluarga tercinta,” ujarnya.

Ketua PMI Cilacap Farid Ma’ruf saat berdialog dengan warga yang mengikuti operasi katarak gratis di Klinik PMI Cilacap, Sabtu (5/11/2022).(Dok PMI Cilacap).

Bagi yang sudah dioperasi, akan dilakukan follow up I (kontrol) pada Minggu (6/11/2022), bertempat di Klinik Pratama Rawat Inap Kabupaten Cilacap, Jalan Raya Slarang KM 12 Kesugihan Cilacap. Untuk Follow up II dan III, menunggu jadwal berikutnya, bertempat di Poli Mata RSUD Cilacap.

Bakti sosial ini, juga digelar dalam rangka HUT PMI ke-77 dan Hari Kesehatan Nasional ke-58 tahun 2022.

Berita Terpopuler

Berita Terkini