Selasa, 24 Mei 2022

Polisi Deteksi Enam Wilayah Rawan pada Pilkades Cilacap

Kapolres Cilacap AKBP Eko Widiantoro bersam Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dan Ketua DPRD Cilacap Taufik Nurhidayat saat meninjau Pilkades (Ulul Azmi).

Sebanyak 44 desa di Kabupaten Cilacap menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) secara serentak, Senin (28/3/2022). Untuk mengantisipasi gangguan keamanan, ribuan personel gabungan diterjunkan. Bahkan dari 44 desa yang menggelar pilkades, polisi deteksi ada enam wilayah rawan.


Cilacap, serayunews.com

Kapolres Cilacap AKBP Eko Widiantoro mengatakan, bahwa pengamanan lebih dioptimalkan, terutama di enam wilayah yang terdeteksi rawan tersebut dengan menempatkan dua personel polisi di tiap tempat pemungutan suara (TPS).

Baca juga  Angkat Potensi Kearifan Lokal, PKS Cilacap Tampilkan Pentas Seni & Budaya

“Kita juga tempatkan beberapa personel di beberapa titik yang mudah kita gerakkan, untuk memback up apabila terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, tentunya kita menghindari gesekan para simpatisan,” ujar Kapolres saat meninjau proses pilkades di Desa Tritih Lor Kecamatan Jeruklegi, bersama Bupati dan Perjabat Forkopimda Cilacap.

Hanya saja, enam daerah rawan tersebut tidak dijelaskan secara detail. Meski dekimikan, menurut Kapolres, secara umum situasi pilkades berjalan masih kondusif, namun pihaknya tetap memaksimalkan pengamanan untuk memonitor hal sekecil apapun yang bisa berdampak pada berjalannya pilkades di Cilacap.

Baca juga  Tersangkut Truk, Tiang Telkom Roboh Menutup Jalan Soekarno Hatta Purbalingga

“Saya berharap kepada masyarakat karena ini pesta demokrasi khususnya para calon yang memiliki simpatisan agar bisa mengendalikannya, kalah menang sudah biasa, karena kompetisi pasti ada yang menang dan ada yang kalah, saya minta agar bisa legowo,” ujar Kapolres.

Diketahui, pilkades serentak di Kabupaten Cilacap, pada tahap pertama akan diikuti sebanyak 44 desa dengan 516 TPS dan ada sebanyak 226.988 orang pemilih.

Adapun petugas gabungan yang diterjunkan untuk pengamanan pilkades tersebut, dari Polres Cilacap menerjunkan 611 personel dan 1.022 BKO Linmas Pemerintah Kabupaten Cilacap dengan dibantu oleh TNI dan Satpol PP dan petugas TPS.

Berita Terkait

Berita Terkini