Sabtu, 3 Desember 2022

Polresta Banyumas Persiapkan Operasi Lilin Candi untuk Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2023

Kabag Ops Polresta Banyumas, Ismanto Yuwono. (Shandy/Serayunews)

Untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat yang merayakan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Polresta Banyumas bakal menggelar operasi Lilin Candi. Operasi tersebut, kemungkinan bakal digelar mulai pertengahan Desember 2022, dengan melibatkan berbagai unsur kesatuan di Polresta Banyumas.


Purwokerto, serayunews.com

Kabag Ops Polresta Banyumas, Kompol Ismanto Yuwono menjelaskan, untuk Polresta Banyumas memang tengah merencanakan operasi Lilin Candi yang setiap tahunnya selalu berlangsung.

“Operasi ini terkait perayaan Natal dan Tahun Baru. Namun, menjelang itu kita sudah persiapan untuk kondusivitas wilayah,” ujar dia, Selasa (1/11/2022).

Ismanto menambahkan, menjaga kondusivitas wilayah sebelum perayaan Nataru sangat penting dilakukan, dengan tujuan agar pada saat perayaan situasi keamanan, ketertiban masyarakat (kamtibmas) tidak ada gangguan.

“Seperti kemarin kita lakukan operasi miras salah satunya. Kita juga sudah mulai giat-giat lain seperti operasi gabungan dengan BNN Kabupaten Banyumas, TNI untuk kegiatan di tempat hiburan malam, tes urine kepada sejumlah pengunjung, ” Katanya.

Tujuannya, agar mempersempit pergerakan orang yang menyalahgunakan narkotika atau obat-obatan terlarang.

“Kita menggunakan teori menara penjara. Jadi orang berperilaku baik, taat karena merasa terawasi. Karena terawasi, para pelaku kejahatan juga akan berpikir ulang jika hendak melakukan tindakan kejahatan,” ujarnya.

Dari pantauan pihaknya saat ini, untuk situasi kamtibmas di Kabupaten Banyumas terbilang cukup aman dan kondusif. Namun, demikian pihak kepolisian dengan berkoordinasi sejumlah pihak bakal terus memberikan rasa aman kepada masyarakat hingga pergantian tahun 2022 ini.

Berita Terpopuler

Berita Terkini