Rabu, 20 Oktober 2021

Pramuli Kwarcab Purbalingga Salurkan Bantuan ke Yatim-Piatu Korban Pandemi

Pramuli Kwarcab Purbalingga berikan Bantuan ke Yatim-Piatu Korban Pandemi. (Amin)

Pandemi covid-19 memberi dampak yang luar biasa bagi kelangsungan hidup manusia. Tak sedikit anak-anak yang menjadi yatim atau piatu karena ditinggal orang tua yang meninggal terpapar covid. Tidak terkecuali di wilayah Kabupaten Purbalingga. Sebagai bentuk kepedulian, Kwarcab Pramuka Purbalingga menyalurkan puluhan paket bantuan.


Purbalingga, serayunews.com

Ketua Kwarcab Purbalingga Subeno menyampaikan, pihaknya mendapatkan donasi dari komisi C DPRD Provinsi. Puluhan paket itu berisi sejumlah logistik dan nominal uang. Sasarannya adalah anak yatim atau piatu, yang orang tuanya meninggal karena covid-19.

“Kegiatan ini bekerjasama dengan anggota komisi C DPRD Provinsi, Nurul Hidayah, yang dia juga merupakan Purna Jamnas, pernah gabung di Kwarcab,” katanya, Jumat (01/10/2021) sore.

Disampaikan bahwa Kwarcab Purbalingga, khususnya di divisi Pramuka Peduli (Pramuli) fokus dalam kegiatan sosial. Selama tahun 2021 ini, tidak kurang dari 100 kegiatan dilaksanakan. Khususnya pada penanganan pandemi covid-19.

“Pramuli ini sudah ada 100 kegiatan sendiri selama tahun 2021 ini, Pramuli ini divisi Pramuka yang fokus pada kegiatan sosial kemanusiaan,” ujarnya.

Kwarcab Purbalingga, lanjut Subeno, ingin benar-benar hadir di masyarakat. Dimana setiap anggota harus bisa mengimplementasikan jiwa-jiwa Pramuka, seperti ‘ikhlas bakti bina bangsa berbudi bawa leksana’.

“Jadi kami ingin tanamkan bahwa itu tidak hanya sebatas slogan, tapi harus ada bukti nyata, ada implementasinya oleh setiap anggota pramuka,” kata dia.

Nurul yang juga sebagai Purna Jamnas 81 ini menyampaikan, bahwa sebenarnya ada ribuan paket. Jumlah itu dibagikan ke berbagai komunitas yang ada. Satu diantaranya karena dirinya dari Purbalingga, dan pernah menjadi bagian dari keluarga Kwarcab, maka mengandeng Kwarcab Purbalingga.

“Kalau jumlah keseluruhan ada seribuan, itu memang untuk berbagai kelompok dan komunitas, termasuk untuk Kwarcab Purbalingga,” katanya.

Biasanya, lanjut Nurul, kegiatan itu dilakukan selama bulam Muharram. Namun untuk kegiatan bersama dengan Pramuka baru bisa menemukan hari ini.

“Sebenarnya September, kalau muharram kan memang rutin menyedekahkan. Nah baru ketemu di hari ini, jadi ya sekalian Jumat berkah, semoga bermanfaat,” kata Nurul.

Berita Terkait

Berita Terkini