Rabu, 1 Desember 2021

Prestasi Tahun 2017, Cilacap Rengkuh Status WTP dari BPK atas Laporan Keuangan Pemerintaan Daerah

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji (keempat dari kanan) saat penyerahan opini WTP dari BPK. foto: dok Pemkab Cilacap

Tahun 2017 menjadi salah satu momen Kabupaten Cilacap meraih prestasi dalam hal laporan keuangan. Kala itu, Kabupaten Cilacap meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2017 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).


Cilacap, serayunews.com

Predikat tersebut diserahkan Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah, Hery Subowo, kepada Bupati Tatto Suwarto Pamuji didampingi Ketua DPRD Cilacap, Taswan, S.Sos, di Keberhasilan ini merupakan kerja keras satu pihak, melainkan seluruh aparatur sipil negara (ASN).

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mengatakan, capaian ini semestinya menjadi penyemangat bagi Pemkab Cilacap untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.Semangat ini harus didukung oleh seluruh SDM di jajaran Pemkab Cilacap, untuk mewujudkan tata kelola keuangan dan pemerintahan yang baik.

Diketahui, WTP adala opini tertinggi dari BPK terkait laporan keuangan yang sesuai dengan prinsip akuntansi.WTP juga menjelaskan tidak ada salah satu materi dalam laporan keuangan sebuah lembaga.

Di bawah WTP, ada tiga opini lain dari BPK.Pertama, opini wajar dengan pengecualian (WDP). Ini adalah opini audit yang dinilai sebagai ketidakwajaran yang kecil dalam pelaporan keuangan sebuah lembaga.

Kedua, opini tidak wajar, yakni laporan keuangan tidak disajikan secara wajar sesuai dengan prinsip akuntansi.Ketiga, disclaimer, yakni ketika auditor angkat tangan dan tidak bisa memberikan opini.Hal itu dilakukan karena auditor tidak meyakini apakah laporan keuangan wajar atau tidak.

Berita Terkait

Berita Terkini