Sabtu, 2 Juli 2022

Pria Ini Bobol ATM Hingga Dua milliar

BANYUMAS,SERAYUNEWS.COM-Seorang karyawan perusahan pengisian uang ATM berinisial HP membobol sedikitnya delapan unit ATM yang ada di Kota Purwokerto. Tidak tanggung tanggung, HP mendapat uang hasil kejahatannya itu kurang lebih mencapai dua milliar. Polres Banyumas berhasil menangkap pelaku, setelah mencocokan wajah HP yang terekam kamera CCTV ATM yang dibobol.

Kapolres Banyumas AKBP Aziz Andriansyah mengatakan, pelaku bisa menjalankan aksi pencurian pada mesin ATM dengan rapi karena bekerja pada perusahan pengisian uang ATM. Sebelum membobol ATM, pelaku terlebih dahulu mencuri kunci brangkas setelah mengetahui ATM tersebut diisi petugas lain. Setelah itu, pelaku mengambil kaset ATM (tempat stok uang ATM) dankemudian dibuka dengan kunci tersebut. Pelaku mengganti kaset dari ATM yang sudah kosong.

Baca juga  Banyumas Dilanda Bencana Terstruktur di 6 Wilayah Kecamatan

“Kasus ini baru bisa terungkap pada awal bulan Febuari ini, salah satunya dengan mencocokan wajah pelaku yang terekam di kamera CCTV ATM yang telah dibobol,” jelasnya Selasa (7/2/2016) siang.

Dari tangan pelaku, polisi berhasil mengamankan sejumlah barang bukti diantaranya buku rekening tabungan, uang tunai sebanyak Rp 19 juta, kaset ATM, serta sembilan kunci dan beberapa barang lainnya. Polisi juga masih menyelidiki jumlah kerugian dan keterlibatan pelaku lain dalam kasus tersebut. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatanya, pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara.(sn)

Berita Terkait

Berita Terkini