Jumat, 9 Desember 2022

Profil Yunita Dyah Suminar, Pj Bupati Cilacap Terpilih

Yunita Dyah Suminar, saat masih menjabat sebagai Wakil Direktur Umum dan Keuangan RSUD DR. Margono Soekarjo Purwokerto. (dok Humas Pemprov Jateng)

Pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri, telah menunjuk Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Yunita Dyah Suminar, untuk menjadi Pj Bupati Cilacap pengganti Tatto Suwarto Pamuji. Adapun Pj Bupati Cilacap, akan bertugas sampai Pilkada serentak 2024 mendatang.


Cilacap, serayunews.com

Dikutip dari dinkesjatengprov.go.id, Yunita Dyah Suminar lahir di Cilacap, 31 Mei 1970. Ia merupakan ASN Pemrov Jateng, sejak 1994 silam dan sebagian besar karier dia habiskan di RSUD DR. Margono Soekarjo Purwokerto.

Yunita mengawali karier di RSUD DR. Margono Soekarjo Purwokerto, sebagai staf di tahun 1994, lalu menjabat sebagai Kabid Perencanaan RSUD DR. Margono Soekarjo Purwokerto pada 2007.

Kemudian, dia mendapat promosi jabatan sebagai Wakil Direktur Umum dan Keuangan di tempat yang sama pada 2015.

Wanita berusia 52 tahun ini, kemudian mendapatkan amanah dari Gubernur Ganjar Pranowo untuk menjadi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jateng sejak 11 Februari 2022 lalu.

Yunita diketahui mengenyam pendidikan di SD N Sidakaya 5 Cilacap dan lulus tahun 1982. Lalu meneruskan di SMP N 1 Cilacap dan lulus pada 1985, kemudian SMA N 1 Cilacap lulus tahun 1988.

Di jenjang perguruan tinggi, wanita asli Cilacap ini meraih gelar S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat dari Undip Semarang pada 1993.

Lantas memperoleh gelar S2 dari The University Master Of Science pada 2001 di Bibmingham, serta gelar S2 dari Universitas Gajah Mada pada Magister Administrasi Publik  di 2003.

Kini, Yunita mendapat amanah dari Kemendagri untuk memimpin kampung halamannya sebagai Pj Bupati Cilacap hingga 2024 mendatang.

Berita Terpopuler

Berita Terkini