Kamis, 20 Januari 2022

Purbalingga Akhirnya Masuk PPKM Level 2, Vaksinasi dan Penerapan Prokes Terus Digiatkan

Petugas gabungan di Kabupaten Purbalingga melakukan operasi yustisi  di kawasan alun-alun terkait penerapan protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah penyebaran Covid-19. (Dok)

Sesuai  Instruksi Mendagri  Nomor 63 Tahun 2021 terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tertanggal 29 Nopember, Kabupaten Purbalingga masuk dalam PPKM Level 2.  Kondisi tersebut  dikarenakan cakupan vaksinasi yang terus meningkat, termasuk untuk kaum lanjut usia (lansia).


Purbalingga, serayunews.com

“Alhamdullilah kita yang semula berada di PPKM Level 3, mulai pekan ini masuk ke level 2.  Kondisi ini dikarenakan jumlah kasus harian Covid-19 yang terus menurun. Data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) menyebutkan pasien positif Covid-19 tinggal tiga orang. Satu dirawat di rumah sakit dan dua lainnya menjalani isolasi mandiri (isoman),” kata Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi), Selasa (30/11/2021).

Baca juga  Mayat Tergeletak di Sawah Desa Banjaran Purbalingga Jelang Malam

Tiwi menyampaikan pihaknya bersama jajaran Dinkes terus menggiatkan pelaksanaan vaksinasi.  Selain itu jajaran TNI dan Polri juga membantu percepatan cakupan vaksinasi. Dia menyampaikan target vaksinasi adalah 70 persen. “ Semoga bisa tercapai di akhir tahun ini,” harapnya.

Kendati sudah masuk di PPKM level 2,pihaknya meminta agar penerapan protokol kesehatan (prokes) tetap diperketat.  Karena selain vaksinasi, penerapan prokes merupakan salah satu upaya preventif pencegahan penularan Covid-19. “ Vaksinasi dan menggunakan masker jangan sampai ditinggalkan,” tegasnya.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Purbalingga Hanung Wikantono menambahkan vaksinasi di Kabupaten Purbalingga cakupannya sudah mencapai 62,97 persen untuk dosis pertama. Sedangkan vaksinasi lansia dosis pertama mencapai 49,62 persen. “Stok vaksin mencukupi makanya kegiatan vaksinasi dilaksanakan setiap hari di seluruh fasilitas layanan kesehatan,” terangnya.

Baca juga  Ada 50 Pencurian dengan Kekerasan dan 33 Kasus Narkoba di Purbalingga

Dalam Instruksi Mendagri terbaru tentang pelaksanaan PPKM mulai 29 Nopember hingga 13 Desember 2021 tersebut, kabupaten di wilayah eks karisidenan Banyumas, masing-masing Purbalingga, Banyumas, Banjarnegara dan Cilacap sudah masuk di PPKM level 2.

Berita Terkait

Berita Terkini