Minggu, 27 November 2022

Purbalingga Berduka, Hampir 100 Rumah di Majasem Rusak Diterjang Puting Beliung

Warga Desa Majasem, Kecamatan Kemangkon, Purbalingga berjalan di depan rumah yang atapnya porak-poranda karena puting beliung, Selasa (8/11/2022). (Foto: Amin Wahyudi)

Hampir seratus rumah di Desa Majasem, Kecamatan Kemangkon, Purbalingga, mengalami kerusakan akibat angin puting beliung, Senin (7/11/2022). Warga yang terdampak, sementara ini mengungsi dan hari ini rencananya akan ada pendirian dapur umum di balai desa setempat.


Purbalingga, serayunews.com

Hasil pendataan dari Pemdes Majasem, ada sekitar 98 rumah yang terdampak. Rumah-rumah tersebut, tersebar di tiga dusun yang terdiri atas delapan RT. Secara umum, kerusakan mulai dari ringan sampai sedang.

“Setelah pendataan setiap dusun, ada sekitar 98 rumah yang rusak sedang dan ringan,” kata Kades Majasem, Tri Muldiyarti, Selasa (8/11/2022).

Dia menyampaikan, untuk dusun 1 wilayah RT 1 dan RT 4, dusun 2 wilayah RT 8 dan RT 9, dan dusun 3 wilayah RT 14, 16, 17 dan 18.

“Kalau paling parah, terjadi di dusun satu,” ujarnya.

Saat ini rumah para korban belum dibereskan, karena kondisi cuaca masih sangat berpotensi hujan.

“Sementara mengungsi di tempat tetangga atau saudara, kalau pembuatan pengungsian terpusat sepertinya tidak,” katanya.

Dapur umum yang akan dibuka di balai desa, kerjasama dari berbagai pihak mulai dari BPBD, Dinsos, Pemdes, dan relawan.

Terjangan angin puting beliung ini, bukan yang pertama. Belum lama ini, kawasan tersebut juga pernah diterjang dengan skala lebih kecil.

“Kami berharap ada bantuan, tidak semua ditanggungkan ke Pemdes,” kata dia.

Berita Terpopuler

Berita Terkini