Rabu, 5 Oktober 2022

Purbalingga Jalin Kerjasama dengan Kementerian ESDM untuk Konservasi Air Tanah

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) memberikan sambutan saat penandatanganan MOU Kerjasama dengan Badan Geologi Kementerian ESDM RI terkait Penyelidikan dan Pelayanan di Bidang Kebumian, khususnya konservasi air tanah. Kamis (15/9/2022). (Joko Santoso)

Pemkab Purbalingga menjalin kerjasama dengan Badan Geologi Kementerian ESDM RI terkait Penyelidikan dan Pelayanan di Bidang Kebumian, khususnya konservasi air tanah. Kerjasama ditandai dengan penandatanganan MoU oleh Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) dengan Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM RI Dr Ir Eko Budi Lelono, di Aula Badan Geologi, Bandung, Kamis (15/9/2022).


Purbalingga, serayunews.com

“MoU ini berlanjut dengan Perjanjian Kerja Sama antara Kepala Bappelitbangda Purbalingga dengan Kepala Pusat Air Tanah dan Geologi Tata Lingkungan, Badan Geologi Kementerian ESDM RI,” kata Bupati Tiwi.

Para pihak yang saling menjalin kerjasama ini, sepakat untuk melakukan survei, penyelidikan, pengkajian, dan pelayanan di bidang air tanah dengan sumber daya manusia masing-masing.

“Ruang lingkup kerjasama ini meliputi pemetaan, inventarisasi dan analisis data potensi air tanah di Kabupaten Purbalingga. Selain itu juga rekomendasi pendayagunaan dan konservasi air tanah,” jelasnya.

Dia menambahkan dengan menggali potensi air tanah ini, harapannya dapat bermanfaat untuk penambahan sumber mata air bagi Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Perwira. Hal itu sebagai bagian dari pengembangan usaha BUMD Kabupaten Purbalingga. Sehingga ke depan ada peningkatan pelayanan kebutuhan air bersih bagi masyarakat Purbalingga.

“Selain untuk kepentingan pengembangan usaha, penggalian potensi air tanah juga dapat membantu menemukan sumber mata air untuk disalurkan kepada masyarakat Purbalingga di wilayah yang rawan kekeringan,” lanjutnya.

Di samping upaya untuk menemukan sumber mata air baru, kerjasama ini harapannya bisa mendapatkan rekomendasi dari ahli geologi. Khususnya langkah dan upaya konservasi apa saja yang bisa Pemkab Purbalingga lakukan dalam rangka menjaga kelestarian sumber air tanah yang ada.

Editor :Kholil

Berita Terpopuler

Berita Terkini