Minggu, 28 November 2021

Purbalingga Kulon Ditetapkan Jadi Zona Miniatur Kerukunan Umat Beragama, Begini Ceritanya

Pencanangan Zona Miniatur Kerukunan Umat Beragama (KUB) di Kelurahan Purbalingga Lor ditandai dengan pelepasan balon udara di kompleks Klenteng Ho Tek Bio, Rabu (27/10/2021). (Joko Santoso)

Kelurahan Purbalingga Kulon ditetapkan menjadi percontohan miniatur Kampung Toleransi   Zona Miniatur Kerukunan Umat Beragama (KUB). Pasalnya di wilayah tersebut terdapat sarana ibadah dari lintas agama. Mulai dari masjid, gereja dan juga klenteng.


Purbalingga, serayunews.com

Pencanangan dilaksanakan di Klenteng Ho Tek Bio Kelurahan Purbalingga Kulon, Rabu (27/10/2021), oleh Kepala Kemenag Purbalingga, Karsono. Hadir dalam acara tersebut pengurus Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Purbalingga, Ketua Klenteng Ho Tek Bio Mulyadiyanto serta jajaran pengurus, perwakilan gereja katholik dan gereja kristen serta Pemerintah Kelurahan Purbalingga Kulon.

“Pencanangan ini merupakan salah satu upaya untuk menciptakan moderasi kerukunan antar umat beragama,” kata Karsono.

Purbalingga Kulon saat ini memiliki potensi tersebut. Diharapkan dengan adanya pencanangan ini nantinya akan semakin tercipta sinergi antara tokoh-tokoh agama dengan masyarakat. Terutama dalam menciptakan moderasi dan toleransi beragama. “Ini menjadi upaya untuk menciptakan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Salah satunya dengan mewujudkan toleransi beragama,” lanjutnya.

Setelah dicanangkan menjadi zona miniatur KUB, Kelurahan Purbalingga Kulon akan semakin dinamis dalam melaksanakan berbagai kegiatan dalam mewujudkan toleransi beragama. Sementara itu Ketua Klenteng Ho Tek Bio Mulyadiyanto menyampaikan pihaknya siap melaksanakan berbagai kegiatan dan program guna mendukung keberadaan Zona KUB.

“Selama ini kami juga sudah terlibat aktif dalam berbagai kegiatan sosial lintas agama dan linta organisasi masyarakat,” ujarnya.

Pencanangan Zona Miniatur KUB di Kelurahan Purbalingga Kulon ditandai dengan pelepasan balon di kompleks Klenteng Ho Tek Bio yang dilakukan hadirin yang mengikuti acara tersebut. Acara dilanjutkan dengan Dialog Kerukunan Umat Beragama.

Editor :M Amron

Berita Terkait

Berita Terkini