Senin, 5 Desember 2022

Qatar vs Ekuador, Ini Kandidat Pencetak Gol Perdana Piala Dunia 2022

Trofi Piala Dunia. gambar: 3D Animation Production Company dari Pixabay

Laga perdana Piala Dunia 2022 adalah partai grup A Qatar vs Ekuador. Pertandingan ini akan berlangsung pada Minggu (20/11/2022) mulai pukul 23.00 WIB. Tentu saja, pemain dari dua tim tersebut berpeluang mencatatkan diri sebagai pencetak gol perdana Piala Dunia 2022.


Doha, serayunews.com

Jika mengacu pada rekam jejak para pemainnya, setidaknya ada tiga pemain yang berpotensi menjadi pencetak gol pertama Piala Dunia 2022. Mereka adalah para penyerang. Dari Qatar, kandidat terkuat adalah Almoez Ali.

Ali adalah pemain paling subur di skuat Qatar kali ini. Dia sudah membuat 37 gol dari 76 pertandingan untuk Qatar. Ali juga memiliki capaian luar biasa. Dia adalah pemain Asia pertama yang mampu menjadi topskor di dua kejuaraan konfederasi yang berbeda.

Ali adalah topskor Piala Asia 2019 dengan 9 gol. Capaian itu adalah rekor tertinggi seorang pemain di satu Piala Asia. Dalam sejarahnya, sebelum Almoez Ali, ada nama Ali Daei yang membuat rekor 8 gol di Piala Asia 1996.

Pada tahun 2021, Almoez Ali juga menjadi topskor ajang Concacaf Gold Cup. Concacaf Gold Cup adalah ajang bergengsi sepak bola antarnegara di Amerika Utara dan Tengah. Qatar mengikuti ajang tersebut dengan status undangan.

Namun, Almoez Ali mampu menjadi topskor di ajang tersebut dengan 4 gol. Maka, akan sangat sulit orang bisa membuat pencapaian seperti Almoez Ali, yakni jadi topskor di ajang konfederasi yang berbeda.

Kandidat Ekuador

Sementara, jika mengacu pada ketajaman, Ekuador memiliki dua kandidat. Mereka adalah Enner Valencia dan Michael Estrada. Valencia adalah pemain berumur 32 tahun yang sudah membuat 35 gol bagi Ekuador. Di skuat Ekuador, Enner adalah pemain paling subur.

Dengan pengalamannya, Enner berpeluang menjadi pencetak gol perdana. Selain Enner, ada Estrada. Estrada adalah pemain paling subur bagi Ekuador di kualifikasi Piala Dunia 2022. Estrada mampu membuat lima gol di kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan.

Peluang Lain

Sekalipun tiga penyerang di atas memiliki rekam jejak yang cukup bagus, bisa saja pencetak gol perdana Piala Dunia 2022 dibuat oleh pemain lain. Sekadar diketahui, pada Piala Dunia 2018 pencetak gol pertama adalah bek Rusia yakni Yury Aleksandrovich Gazinsky. Di Piala Dunia 2014, pencetak gol pertama adalah gol bunuh diri Marcelo, bek Brasil.

Situasi Terbaru

Sementara, pelatih Qatar Felix Sanchez mengatakan timnya tenang jelang berhadapan dengan Ecuador. Bahkan, pelatih asal Spanyol ini mengaku jika anak asuhnya dalam performa yang baik.

“Kami juga memiliki motivasi tinggi. Kami akan bekerja untuk memberikan performa terbaik,” ujarnya seperti dilansir website FIFA.

Jelang laga melawan Qatar, Ekuador sedikit ada dinamika. Ekuador mendepak pemainnya yakni Bryon Castillo dari skuad. Seperti diberitakan as, hal itu karena kontroversi data lahir Castillo. Kelahiran Castillo menjadi polemik. Ada pihak yang mengklaim bahwa Castillo lahir di Kolombia dan bukan di Ekuador. Sementara, tentu saja Ekuador membeberkan bahwa si pemain lahir di Ekuador.

Chile pernah mempermasalahkan hal itu. Kemudian berharap Ekuador dicoret dari Piala Dunia 2022 dan Chile yang menggantikannya. Namun, usaha Chile itu gagal. Kini, federasi Ekuador tidak mau ambil pusing dan memilih mendepak Castillo dari skuad.

Berita Terpopuler

Berita Terkini