Rabu, 5 Oktober 2022

Raperda Pembangunan Industri Kabupaten Purbalingga 2022-2042 Disempurnakan, Ini Hasilnya

Komisi II DPRD Purbalingga melakukan pembahasan Raperda Prakarsa tentang Industri Kabupaten Purbalingga 2022-2045, di ruang rapat komisi II, Kamis (22/9/2022). (Joko Santoso)

Komisi II DPRD Purbalingga melanjutkan pembahasan Raperda Prakarsa tentang Pembangunan Industri Kabupaten Purbalingga tahun 2022-2042, Kamis (22/9/2022). Sejumlah usulan dan penyempurnaan disampaikan dalam pembahasan tersebut.


Purbalingga, serayunews.com

Wakil Ketua Komisi II Karseno memberikan masukan agar Raperda tersebut bisa menyesuaikan perkembangan pada saat ini. Termasuk kemungkinan pengembangan industri sepeda motor listrik yang saat ini juga mulai dikembangkan di Kabupaten Purbalingga.

“Kita harus mengubah mindset sebelum pengesahan Perda ini. Kita inginkan Perda ini jangan jadi formalitas saja namun tentunya masyarakat harus bisa memanfaatkan produknya,” ungkapnya.

Dia juga menyampaikan maju mundurnya industri ada dalam Raperda ini. Oleh karena itu peraturan ini harus jadi payung hukum yang dapat memberikan proteksi pada produk-produk potensial/unggulan hasil sumber daya lokal.

“Perda ini harapannya dapat mengcover juga melindungi produk-produk kita yang akan datang. Hal tersebut sangat memungkinkan untuk bisa kita kembangkan, dengan menyesuaikan kondisi saat ini,” katanya lagi.

Ketua Komisi II DPRD Purbalingga Tongat yang memimpin rapat tersebut menyampaikan bahwa pihaknya beserta jajaran komisi II telah bersepakat mengubah beberapa materi yang ada pada Raperda tersebut.

“Ada yang ditambahi ada juga yang dikurangi. Tujuannya untuk melakukan penyempurnaan,” terangnya.

Pembahasan dan penyempurnaan Raperda tersebut dilakukan dengan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Masing-masing Disperindag, Bagian Hukum Setda dan DPU PR. Tongat menambahkan setelah penyempurnaan rencananya awal bulan depan Raperda tersebut bisa ditetapkan menjadi Perda.

Berita Terpopuler

Berita Terkini