Rabu, 5 Oktober 2022

Ratusan Petani Cilacap Geruduk Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah, Ada Apa?

Ratusan petani Cilacap datangi Kantor Dinas Pertnian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah (Foto : Ulul Azmi)

Ratusan petani Cilacap geruduk kantor Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah. Mereka bukan menggelar demo, melainkan bersilaturahmi dan melepas rindu dengan sosok Supriyanto sebagai bapaknya petani Cilacap, yang kini beralih tugas sebagai Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah.


Ungaran, serayunews.com

Rasa cinta dan sayang rupaya tak menyurutkan petani Cilacap untuk mendekatkan kembali dengan sosok ramane atau bapaknya petani Cilacap yakni Supriyanto, mantan Kepala Dinas Pertanian Cilacap yang telah menempati jabatan barunya sebagai Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jateng.

Meskipun jarak memisahkan, namun petani Cilacap merasa cukup dekat meski harus menempuh perjalanan berjam-jam dari Cilacap menuju Kantor Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah di Ungaran, Sabtu (22/01/2022).

Tidak hanya diwakili oleh sejumlah petani saja, bahkan hampir sebagian besar petani Cilacap dari unsur kelompok tani, gabungan kelompok tani, kelompok tani wanita, komunitas petani holtikultura hingga kepala desa dari ujung Kecamatan Dayeuhluhur hingga Nusawungu, ikut hadir ke acara tersebut dengan mengusung tema “Petani Cilacap Tilik Ramane Maring Semarang”.

“Saya mewakili petani di Kawunganten mengucapkan selamat kepada bapak Supriyanto semoga tugas bapak di Provinsi Jawa Tengah akan amanah, dan kepada kelompok tani di seluruh Jawa Tengah khususnya di Kabupaten Cilacap tetap bersinergi, bersambung silaturahmi dengan baik,” ujar Maroyono dari Kelompok Tani Kawunganten.

Sementara itu, Kelompok wanita tani (KWT) Kecamatan Wanareja Mumpuni mengakatakan, mewakili KWT mengucapkan banyak terimakasih kepada Supriyanto semasa dinas di Kabupaten Cilacap dengan bimbingan, arahan dan program-programnya menjadikan KWT semakin berdaya.

“Saya bangga berkat beliau sekarang banyak petani muda milenial di Cilacap, tidak hanya orang tua saja, tapi sekarang banyak petani muda,” ujarnya.

Petani Holtikultura Cilacap (PHC) mengatakan, para petani hanya bisa mendoakan supaya diberikan kesehatan beserta keluarganya, sehingga bisa menjalankan tugas dengan baik dan amanah. Harapannya selalu lebih dekat dengan petani khususnya kepada petani di Kabupaten Cilacap.

“Berkat beliau PHC ada, dan satu-satunya Kepala Dinas yang dekat dengan petani ya beliau Pak Supriyanto, semoga tidak lupa dengan asalnya dari Cilacap. Mudah- mudahan petani Cilacap tambah maju dan tambah diperhatikan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah Supriyanto menyampaikan rasa haru, bangga dan terimakasih kepada para petani Kabupaten Cilacap yang datang ke kantornya dan banyak memberikan ucapan selamat secara langsung serta memotivasi dengan jabatan barunya.

Supriyanto mengatakan, bawah jabatan baru sebagai Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah tak lepas dari dukungan, saran, masukan, dan doa dari para petani Cilacap.

“Saya yakin tanpa saran, doa, dan dukungan panjenengan (petani) saya tidak diterima Pak Gubernur. Kerjasama kita selama ini membangun pertanian di Kabupaten Cilacap luar biasa, maturnuwun (terimaksih) semuanya,” ujar Supriyanto di hadapan ratusan petani Cilacap.

Meski jarak cukup jauh dengan Cilacap, tetapi Supriyanto akan terus membangun komunikasi dengan seluruh petani di Jawa Tengah termasuk petani Kabupaten Cilacap.

“Tidak perlu ada yang ditakutkan, karena saya masih seperti yang dulu, saya tidak hilang, jadi kalau ada yang bilang bapak hilang, saya tidak hilang. Saya ditugaskan masih sama untuk mengelola pertanian, artinya Cilacap bagian yang harus saya pikirkan,” ujarnya.

Perlu diketahui, sosok Supriyanto bagi petani di Cilacap sebagai sosok bapaknya petani karena kedekatannya dengan petani dan menjadi bapaknya petani Cilacap. Sebab ia selalu terjun ke bawah dan berkomunikasi dengan petani langsung dalam menyelesaikan masalah pertanian.

Tidak hanya itu, semenjak berdinas di Cilacap, prestasi juga banyak ditorekan dari sektor pertanian dengan berbagai pengahargaan dari Pemerintah Pusat, salah satunya dengan produktivitas pertanian tertinggi nasional sehingga Cilacap sebagai salah satu lumbung pangan nasional dan Jawa Tengah.

Selain itu, atas kerja kerasnya bersama petani, Cilacap juga mendapat berbagai bantuan peralatan pertanian, sehingga sektor pertanian Cilacap semakin maju, berkembang dan modern.

Berita Terpopuler

Berita Terkini