Selasa, 6 Desember 2022

Resmi Dibuka, Banjarnegara Culture Heritage Night Festival Ajang Pelestarian Budaya

Penampilan seni tari khas Banjarnegara yang diperagakan oleh pelajar di Banjarnegara, ikut memeriahkan pembukaan Banjarnegara Culture Heritage Night festival 2022, di Alun-alun Banjarnegara, Jumat (25/11/2022). (Maula/Serayunews)

Festival seni budaya dan pameran kerajinan khas Banjarnegara bertajuk ‘Banjarnegara Culture Heritage Night festival 2022’ resmi dibuka pada, Jumat (25/11/2022) sore. Meski sempat diguyur hujan, acara yang berlangsung di Alun-alun Banjarnegara ini tetap berjalan meriah.


Banjarnegara, serayunews.com

Banjarnegara Culture Heritage Night festival 2022 ini, merupakan satu upaya pelestarian budaya lokal yang ada di Banjarnegara. Dalam kegiatan tersebut, juga ditampilkan berbagai kesenian dan budaya khas Banjarnegara yang tersebar di 20 kecamatan.

Gelaran budaya Banjarnegara Culture Heritage Night festival 2022 ini, sekaligus upaya dan komitmen pemerintah dalam membangkitkan, serta meningkatkan rasa cinta masyarakat Banjarnegara terhadap budayanya sendiri.

Tak hanya itu, ajang ini juga sekaligus untuk mengenalkan budaya tradisional pada generasi muda yang ada di Banjarnegara.

“Kami berharap melalui ajang ini, masyarakat lokal khususnya generasi muda lebih mengenal dan menjaga warisan seni budaya yang ada di Banjarnegara,” kata Pj Bupati Banjarnegara, Tri Harso Widirahmanto.

Menurutnya, seni budaya yang sudah diwariskan dari nenek moyang, hendaknya terus dilestarikan. Sebab, hadirnya kesenian dan budaya lokal tentu saja memiliki nilai histori dan makna yang sangat dalam, sehingga keberadaanya harus tetap lestari.

“Seni budaya daerah yang kita miliki harus kita lestarikan, jangan sampai luntur dan hilang,” katanya.

Untuk itu, dia mengajak masyarakat Banjarnegara untuk ikut meramaikan dan memeriahkan gelaran Banjarnegara Culture Heritage Night Festival dengan menyaksikan berbagai pertunjukan, serta mengikuti agenda acara yang ada dalam rangkaian kegiatan.

Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara, Tursiman mengatakan, Culture Heritage Night Festival akan digelar selama tiga hari, mulai 25 – 27 November 2022 dan dipusatkan di Alun-alun Banjarnegara.

“Gelaran ini menampilkan pertunjukan kreasi seni budaya dari 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Banjarnegara, dengan penampil dari para penggiat seni dan budaya serta para pelajar,” katanya.

Selain pertunjukan kreasi seni budaya, dalam Banjarnegara Culture Heritage Night Festival juga ada kegiatan lain, seperti pameran ekonomi kreatif yang menampilkan produk-produk unggulan Banjarnegara dan bursa kerja atau job fair.

Berita Terpopuler

Berita Terkini