Senin, 4 Juli 2022

Ribuan Ikan Ditemukan Terdampar di Pinggiran Sungai Serayu

Warga memperlihatkan ikan yang didapatkan dari Sungai Serayu, Jumat (1/4/2022). foto: dok warga

Fenomena tak biasa terjadi di Sungai Serayu terutama di Kabupaten Banyumas. Ribuan ikan ditemukan terdampar dan menjadi rebutan warga. Fenomena tersebut seperti terjadi di Desa Kalisube, Kecamatan Banyumas yang memang berdekatan dengan Sungai Serayu. Warga berbondong-bondong datang ke pinggiran sungai untuk mengambil ikan, Jumat (1/4/2022).


Banyumas, serayunews.com

Kades Kalisube, Cip Setiyadi mengatakan, fenomena tersebut sebenarnya sudah terjadi sejak Kamis (31/3/2022) dini hari.

“Jadi pas jam 12 malam kemarin sudah ditemukan itu ikan pada gliyengan di pinggir sungai. Tadi sampai siang jam 2 siang banyak sekali ikannya,” kata dia.

Baca juga  Warga Banyumas Ingin Bus Trans Buka Trayek sampai ke Kecamatan, Begini Kata Dinhub

Alhasil warga yang melihat fenomena tersebut langsung berebutan mengambil ikan dengan peralatan seadanya. Mereka bahkan mampu mendapatkan ikan pelus dengan bobot belasan kilogram.

“Itu warga saya ada yang dapat tiga ekor ikan pelus beratnya sampai 12 kilogram, ada ikan kecil-kecil juga, terus ikan baceman, melem juga ada,” ujarnya.

Namun, menurutnya fenomena tersebut tidak hanya terjadi di wilayah Desa Kalisube saja, dimana menurutnya terjadi diberbagai desa lainnya di Kabupaten Banyumas.

“Informasinya itu kan dari Mrican (Banjarnegara, red), jadi itu kalau Kalisube kan berada di bawah. Kemungkinan dari Somagede, Papringan sampai ke arah Patikraja juga ada,” kata dia.

Baca juga  Catat! Ini Koridor dan Rute Bus Gratis untuk Kunjungi Sembilan Objek Wisata Pilihan di Banyumas

Meski demikian, pihaknya belum mendapati informasi penyebab ikan tersebut sampai pingsan ke pinggiran sungai, bahkan pihaknya sempat menggali informasi namun menemui jalan buntu.

“Kalau soal itu kami belum dapat informasi apapun, apalagi informasi yang menggunakan obat,” kata dia.

Cip mengaku ingat betul fenomena tersebut pernah terjadi beberapa tahun lalu, seperti tahun 1998 dan tahun 2000 an. Dimana fenomena serupa menyebabkan ribuan ikan terdampar di pinggir sungai bahkan ada yang mati.

“Waktu dulu waktu saya masih kadus, pernah ada fenomena yang sama,” ujarnya.(san)

Editor :kholil

Berita Terkait

Berita Terkini