Senin, 5 Desember 2022

Roro Hendarti, Pejuang Literasi dari Purbalingga Kembali Mendapat Penghargaan Tingkat Nasional

Roro Hendarti saat menerima Penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka (NJDP) di 2022, yang digelar di Integrity Convention Centre (ICC) MGK, Kemayoran, Senin (14/11/2022). (Foto: Dokumen Roro Hendarti)

Konsistensi akan diikuti oleh apresiasi dan hal itu telah dibuktikan oleh Roro Hendarti. Pendiri Limbah Pustaka Desa Muntang ini, kembali mendapat penghargaan atas dedikasi di bidang literasi.


Purbalingga, serayunews.com

Roro Hendarti, kembali menerima penghargaan bidang literasi. Kali ini, dia mendapat apresiasi tertinggi Pemerintah dalam peningkatan literasi dan kegemaran membaca. Roro mendapat penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka (NJDP) dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI), kategori Pejuang Literasi.

Roro menyampaikan, penghargaan diberikan oleh Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando, pada malam apresiasi Gemilang Perpustakaan Nasional Tahun 2022 yang digelar di Integrity Convention Centre (ICC) MGK, Kemayoran, Senin (14/11/2022).

“Mendapatkannya penghargaan ini bisa menjadi tambahan amunisi semangat untuk bergerak membumikan literasi,” kata Roro, Selasa siang.

Diketahui, penghargaan NJDP salah satu kategori yang dianugerahi penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka adalah Pegiat Literasi. Kategori Pegiat Literasi, diberikan kepada seseorang yang memiliki kemampuan literasi yang dipilih sebagai panutan, motivator, inspirator, katalisator dan influencer dalam upaya mempromosikan gemar membaca.

“Dalam gerakan literasi di desa kami dan di Purbalingga, saya titik fokusnya generasi muda, supaya mereka siap jadi generasi penerus bangsa yang melek teknologi dan bijak menggunakan teknologi tanpa menghilangkan gemar membaca,” katanya.

Limbah Pustaka Desa Muntang, menjadi tujuan studi lapangan P5BK atau kurikulum merdeka bagi sekolah sekolah, SD hingga SMA sederajat. Dia berharap, Limbah Pustaka terus diterima masyarakat dan menyumbangkan manfaat bagi masyarakat luas.

Dia menambahkan, saat ini di Limbah Pustaka tidak hanya menfasilitasi terkait literasi saja. Namun, juga ada divisi budidaya maggot dan ekoenzim.

“Inovasi-inovasi ini akan terus kami galakkan, tidak lain agar anak-anak di lingkungan kami tidak tergantung dengan gadget,” ujarnya.

Caption:
Roro Hendarti, saat menerima Penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka (NJDP) di 2022, yang digelar di Integrity Convention Centre (ICC) MGK, Kemayoran, Senin (14/11/2022). (Foto: Dokumen Roro Hendarti)

Berita Terpopuler

Berita Terkini