Sabtu, 25 Maret 2023

Rutin Gelar Donor Darah, PMI Apresiasi DPC PDI Perjuangan Banyumas

Donor darah dalam rangka HUT PDI Perjuangan, Sabtu (25/2/2023) di kantor DPC PDI Perjuangan Banyumas berhasil mengumpulkan 272 kantong darah. (Foto : Hermiana E.Effendi)

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banyumas, Sadewo Tri Lastino mengapresiasi DPC PDI Perjuangan Banyumas yang rutin menggelar donor darah selama 4 tahun terakhir. Bahkan pandemi Covid-19 juga tak menyurutkan niat DPC PDI Perjuangan untuk tetap menggelar donor darah, tentunya dengan protokol kesehatan yang ketat.


Purwokerto, serayunews.com

Menurut Sadewo, ada beberapa komunitas ataupun organisasi yang juga kerap melakukan donor darah. Namun, tidak semuanya rutin melakukan dan terjadwal. Dan salah satu yang rutin adalah DPC PDI Perjuangan Banyumas. Selain itu ada juga Pemuda Pancasila (PP), Banser, dan lainnya.

“Kebutuhan darah di Banyumas bertambah terus, sehingga jika ada komunitas ataupun organisasi yang rutin melakukan donor darah, sangat membantu PMI. Dan saya mengucapkan terima kasih serta mengapresiasi mereka, seperti DPC PDI Perjuangan Banyumas, PP, Banser dan lainnya. Setetes darah kita akan sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan,” kata wakil bupati ini.

Sadewo yang juga kader PDI Perjuangan ini mengaku, pada beberapa kesempatan ia juga sering ikut donor darah di kantor DPC. Menurutnya, antusiasme pendonor di DPC PDI Perjuangan cukup bagus dan stabil. Kantong darah yang disumbangkan selalu di atas 200 kantong.

Satgas PDI Perjuangan, Susetyo mendapatkan doorprize usai donor darah, Sabtu (25/2/2023).(Foto : Hermiana E.Effendi)

Baca juga: Penentuan Nomor Urut Caleg DPC PDI Perjuangan Banyumas Berlangsung Kondusif

Sementara itu, dalam donor darah yang digelar sebagai rangkaian HUT PDI Perjuangan, Sabtu (25/2/2023), DPC berhasil mengumpulkan 272 kantong darah. Pendonor yang datang lebih dari jumlah tersebut, namun karena alasan medis, sebanyak 113 orang tidak bisa diambil darahnya.

Panitia donor darah, Budi Wibowo mengatakan, untuk kegiatan donor darah kali ini, pihaknya menyediakan 300 paket sembako serta 20 doorprize yang terdiri dari kompor gas, setrika,kipas angin dan lain-lain.

“Pada setiap kegiatan donor darah, kita selalu menyediakan sembako untuk semua pendonor dan doorprize. Kali ini paket sembako dari anggota DPD RI, Casytha Arriwi Kathmandu dan doorprize dari DPC PDI Perjuangan Banyumas,” jelasnya.

Doorprize

Pendonor yang datang selain dari struktural partai, juga banyak dari masyarakat umum. Salah satu yang beruntung membawa pulang doorprize adalah Susetyo, yang juga merupakan satgas PDI Perjuangan.

“Alhamdulillah dapat doorprize kipas angin, meskipun sebenarnya tujuan saya donor adalah untuk kemanusiaan dan doorprize ini hanya sebagai bonus,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, DPC PDI Perjuangan Banyumas selama 4 tahun terakhir rutin menggelar donor darah, yaitu pada HUT PDI Perjuangan, hari lahir Pancasila dan hari pahlawan. Hal ini menunjukkan PDI Perjuangan sebagai partai yang peduli kemanusiaan. Kegiatan ini juga sekaligus memupuk rasa solidaritas, gotong-royong, serta saling membantu sesama.

Editor :M Amron

Berita Terkait

Berita Terkini