Rabu, 1 Desember 2021

Sadewo Wujudkan Kekompakan dan Kerja Super Tim PMI Banyumas

Sadewo Tri Lastiono (tengah) saat terpilih sebagai ketua PMI Banyumas. (Dok istimewa)

Palang Merah Indonesia (PMI) merupakan garda terdepan dalam penanganan korban bencana alam dan selama situasi pandemi Covid-19 melanda, PMI juga menjadi garda terdepan dalam upaya penyelamatan pasien Covid-19 serta kampanye protokol kesehatan.


Purwokerto, serayunews.com

Kiprah serupa juga dilakukan PMI Kabupaten Banyumas selama pandemi Covid-19. Terlebih di bawah kepemimpinan Ketua PMI, yang juga Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono, PMI Banyumas mengambil peran aktif dalam banyak upaya penanggulangan Covid-19.

“Banyak kemajuan serta terobosan-terobosan yang dilakukan PMI di bawah kepemimpinan Pak Sadewo, semua pengurus, pejabat PMI, pegawai hingga relawan menjadi super tim yang kompak. Dan dengan kekompakan tersebut, super tim otomatis lebih mudah mewujudkan program-program kerja PMI,” kata Kepala Markas PMI Banyumas, Ariono Purwanto, Kamis (4/11).

Lebih lanjut Ariono menjelaskan, salah satu terobosan yang dilakukan PMI Banyumas di bawah kepemimpinan Sadewo, pada saat pandemi Covid-19 mengambil peran aktif dengan membagikan obat-obatan untuk warga Banyumas yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman). Kemudian banyak tenaga vaksinator PMI yang terlibat langsung dalam kegiatan vaksinasi.

Baik kegiatan pemberian obat untuk warga isoman maupun penggunaan tenaga vaksinator PMI, dilakukan dengan cepat dan tidak terlalu birokratis dalam pelaksanaannya. Melainkan lebih mengedepankan kecepatan dan kemanfaatannya.

“PMI mempunyai tenaga vaksinator cukup banyak dan mereka terlibat dalam kegiatan pemberian vaksin yang banyak dilakukan baik oleh Pemkab Banyumas ataupun instansi lainnya. Pengerahan tenaga vaksinator ini dilakukan tanpa birokrasi yang rumit, yang terpenting program vaksin bisa berjalan lancar. Jadi Pak Sadewo meskipun beliau seorang birokrat, namun dalam hal tertentu terutama kemanusiaan, akan mengambil sikap tidak terlalu birokratis,” tuturnya.

Sadewo resmi menjabat sebagai ketua PMI Banyumas pada bulan Maret 2021 untuk masa bakti 2021 – 2026. Sejak awal menjabat, Sadewo sudah berkomitmen untuk membawa organisasi sosial tersebut untuk lebih luas menebarkan manfaat bagi masyarakat.

“PMI itu luar biasa, begitupun dengan orang-orang di dalamnya, memiliki dedikasi yang sangat tinggi pada kemanusiaan, karena itu PMI harus berperan semakin luas dan membawa kemanfaatan bagi masyarakat,” ucapnya.

Editor :M Amron

Berita Terkait

Berita Terkini