Sabtu, 13 Agustus 2022

Salah Sangka tentang Purwokerto

Menara Pandang Teratai Purwokerto.
Menara Pandang Teratai Purwokerto. (Shandy)

Tidak sedikit orang salah sangka dengan Purwokerto, sebuah daerah yang ada di Jawa Tengah. Apa saja salah sangka itu? Berikut potensi salah sangkanya.

Bukan Purwakarta

Purwokerto bukan Purwakarta. Seorang teman dulu mengira Purwakarta sama saja dengan Purwokerto, hanya beda pelafalan. Padahal keduanya jelas beda. Purwakarta ada di Jawa Barat dan Purwokerto ada di Jawa Tengah.

Dikira Kota

Ada yang mengira Purwokerto adalah kota seperti Kota Tegal, Kota Pekalongan, Kota Semarang. Karena mengira kota, maka ada yang mengira Purwokerto dipimpin oleh Wali Kota.

Baca juga  Kalah dengan Medsos, Bisnis Jasa Info Kost Semakin Sepi Seiring Perkembangan Zaman

Padahal, Purwokerto bukan kota. Memang dahulu di masa Orde Baru, Purwokerto sebagai kota administratif dengan pemimpinnya yakni Wali Kota.

Jadi dulu ada dua tipe kota. Yang pertama adalah kotamadya dengan pemimpin Wali Kota dan kota administratif yang juga dipimpin oleh Wali Kota. Bedanya, kotamadya setara dengan kabupaten sementara kota administratif adalah bagian dari kabupaten.

Nah, Purwokerto dulu adalah kota administratif. Tapi itu dulu di masa Orde Baru. Di masa Reformasi sudah tak ada lagi kota administratif.

Dikira Selevel dengan Banyumas

Ada yang mengira Purwokerto sebagai kota dan selevel dengan Kabupaten Banyumas. Padahal, Purwokerto hanyalah ibu kota Kabupaten Banyumas.

Baca juga  Apa Bedanya Desa dengan Kelurahan?

Biasanya ibu kota kabupaten bernama sama dengan kabupaten. Contoh saja, ibu kota Kabupaten Purbalingga adalah Kecamatan Purbalingga. Ibu kota Kabupaten Batang adalah Kecamatan Batang. Ibu kota Banjarnegara adalah Kecamatan Banjarnegara.

Nah, ibu kota Kabupaten Banyumas adalah Purwokerto. Lalu adakah Kecamatan Banyumas? Ada. Kecamatan Banyumas di masa lalu adalah ibu kota Kabupaten Banyumas. Namun, ibu kota Kabupaten Banyumas kemudian dipindah ke Purwokerto.

Dikira Kecamatan

Uniknya Purwokerto juga bukan kecamatan. Jadi, Purwokerto bukan kota, bukan kabupaten, dan bukan kecamatan. Purwokerto adalah wilayah yang terdiri atas beberapa kecamatan.

Baca juga  Komandan Tempur, Semangat Baru DPC PDIP Banyumas Capai Target Maksimal

Kecamatan yang ada di Purwokerto adalah Purwokerto Utara, Purwokerto Selatan, Purwokerto Barat, dan Purwokerto Timur.

Berita Terkait

Berita Terkini