Senin, 5 Desember 2022

Sambut Hari Pahlawan, Al Azhar Cilacap Berikan Tali Asih kepada Veteran

Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman bersama Direktur Al Azhar Cilacap Laila Kurniati dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Cilacap Sadmoko Danardono usai penyerahan apresiasi ke veteran dan guru purna tugas di auditorium Al Azhar Cilacap, Rabu (9/11/2022). (Ulul Azmi/Serayunews)

Sebagai bentuk apresiasi kepada para pejuang kemerdekaan Indonesia dan pejuang pendidikan di wilayah Cilacap, kampus Al Azhar Cilacap memberikan tali asih kepada puluhan veteran dan guru purna tugas.


Cilacap, serayunews.com

Apresiasi veteran dan guru purna tugas dibalut dalam acara Al Azhar Fest Cilacap dengan mengusung tema “save our heroes”. Acara berlangsung di ruang auditorium Al Azhar Cilacap, Rabu (9/11/2022).

Dalam acara itu turut hadir Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Cilacap Sadmoko Danardono. Lalu, Direktur Al Azhar Cilacap Laila Kurniati, Kepala Layanan LAZ Al Azhar Nurhadi, sejumlah veteran, guru purna tugas, wali murid, dan sejumlah undangan lain.

“Al Azhar Fest Cilacap sebagai syiar kampus Al Azhar secara keseluruhan. Salah satunya memberikan apresiasi kepada para pejuang veteran dan guru purna tugas,” ujar Direktur Al Azhar Cilacap Laila Kurniati.

Selain itu, kehadiran para pahlawan veteran dan guru untuk lebih dekat dan bisa belajar keteladanan, karakter, yang dapat ditularkan kepada anak didik.

Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman bersama Direktur Al Azhar Cilacap Laila Kurniati dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Cilacap Sadmoko Danardono saat meninjau hasil karya siswa di Auditorium Al Azhar Cilacap, Rabu (9/11/2022). (Ulul Azmi/Serayunews)
Orangtua Murid

Menurut Laila, selain pahlawan revolusi atau kemerdekaan dan guru sebagai pahlawan pendidikan, peran orangtua atau wali murid juga termasuk pahlawan dalam membesarkan generasi bangsa yang juga patut mendapat apresiasi.

“Jadi pahlawan buat kami secara umum tidak hanya pahlawan revolusi, atau kemerdekaan tetapi juga pahlawan pendidikan, termasuk orangtua murid yang telah mempercayakan kepada kampus Al Azhar. Harapan kami dengan kegiatan ini semakin banyak yang mengenal Al Azhar dan mendoakan dan terbangun kepercayaan, dan melalui acara ini juga menunjukkan hasil dari siswa,” ujarnya.

Legiun veteran Radi DS mengapresiasi kegiatan di Al Azhar Cilacap sebagai bentuk perjuangan di masa saat ini. Menurutnya, veteran pejuang penerus dalam mempertahankan kemerdekaan di Cilacap cukup banyak, namun saat ini hanya tinggal ratusan orang saja. Para veteran ini saat perjuangan kemerdekaan dulu mengandalkan bambu runcing.

“Sekarang berbeda. Yang Al Azhar lakukan juga pejuang, apa yang Al Azhar kerjakan bermanfaat untuk masyarakat. Itu pejuang masa kini. Meski veteran, tetap semangat mempertahankan kemerdekaan. Tak hanya berjuang kepada pemerintah, kita juga berjuang untuk keluarga dan anak cucu, mari mencari kerukunan dan ketenteraman antar sesama,” ujarnya.

Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman mengapresiasi kegiatan dalam menyambut hari pahlawan 2022 ini. Sebab, acaranya berbalut dengan berbagai kegiatan yang di dalamnya terdapat unsur seni, sosial, dan nasionalisme.

“Jangan sekali melupakan sejarah kita, save our hero, bagaimana menyelamatkan pejuang tinggal hanya meneruskan perjuangan para veteran. Lalu, memberikan perhatian, yang sebenarnya itu belum sebanding dengan perjuangan mereka di kala masih aktif dalam memperjuangkan kemerdekaan ataupun setelahnya,” ujarnya.

Untuk itu, Wabup mengajak mengisi kemerdekaan dengan sama-sama menghargai jasa para pahlawan dengan menghargai perbedaan dalam berjuang, dengan menyatukan perbedaan tersebut. Terutama membentengi siswa sehingga smart dalam berpikir dan berakhlakul karimah.

Selain apresiasi veteran, Al Azhar Fest Cilacap juga akan menggelar baksos kesehatan, tabligh akbar, performance day, temu alumni dan pameran karya. Kegiatan ini berlangsung hingga 12 November 2022.

Berita Terpopuler

Berita Terkini